Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Pembelajaran Problem Solving Mata Pelajaran IPAS Di Sekolah Dasar
Keywords:
Hasil Belajar, IPAS, Problem SolvingAbstract
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV menggunakan metode pembelajaran problem solving di SD Negeri 2 Katobengke. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua fase, dengan setiap fase mencakup empat tahapan dasar yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan/pemantauan, dan refleksi/evaluasi. Subjek studi ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 2 Katobengke pada semester genap tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 23 siswa, terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi pemantauan, lembar tes pilihan ganda, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil studi di fase I dan fase II, diperoleh hasil belajar siswa di fase I dengan rata-rata 60, di mana 12 siswa (52,1%) mencapai ketuntasan individu dan 11 siswa (47,2%) tidak mencapai ketuntasan. Di fase II, terjadi peningkatan hasil belajar siswa dengan rata-rata 76, di mana 19 siswa (82,6%) mencapai ketuntasan individu dan 5 siswa (17,3%) tidak mencapai ketuntasan. Hasil studi ini menunjukkan bahwa penggunaan Teknik Pembelajaran Problem Solving di SD Negeri 2 Katobengke meningkatkan hasil belajar siswa.