Peran Orang Tua dan Wali Kelas Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV A SD Negeri Lamanggau
Keywords:
Orang Tua, Guru, Hasil BelajarAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menegetahui peran orang tua dan wali kelas dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV A di SD Negeri Lamanggau. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian adalah orang tua siswa dan wali kelas IV A serta siswa kelas IV A dengan jumlah siswa 19 yang terdiri dari 9 laki laki dan 10 perempuan. Teknik Pengumpulan data yang di gunakan yaitu observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang di gunakan adalah analisis data bersifat induktif. Validitas data melalui pendekatan tringulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang tua memiliki peran penting sebagai pengasuh, pendidik, pembimbing, dan contoh teladan, yang secara aktif terlibat dalam diskusi siswa mengenai kemajuan hasil belajar. Mereka memberikan dukungan yang diperlukan, menciptakan lingkungan belajar yang mendukung di rumah, dan memastikan akses terhadap sumber daya pembelajaran. Di sisi lain, wali kelas juga mengemban peran beragam di luar mengajar, seperti menjadi mentor, konselor, dan mitra dalam pendidikan. Kolaborasi antara orang tua dan wali kelas sangat penting dalam memaksimalkan prestasi belajar siswa, serta membentuk lingkungan pendidikan yang mendukung baik di sekolah maupun di rumah.