Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Learning Start With A Question Pada Pembelajaran IPS Di Sekolah Dasar

Authors

  • Mutia Mutia Universitas Muhammadiyah Buton
  • Kosilah Kosilah Universitas Muhammadiyah Buton

Keywords:

Hasil Belajar, Model Pembelajaran, Learning Start With A Question

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran learning start with a question (LSQ) pada pembelajaran IPS di kelas V SD Negeri 3 Katobengke Kota Baubau. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subyek penelitian siswa kelas V yang berjumlah 23 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan tes. Berdasarkan data observasi yang diperoleh pada pra siklus yang memperoleh ≥ 70 sebanyak 10 orang siswa atau 43,47% yang tuntas, sedangkan yang tidak tuntas sebanyak 13 orang siswa atau sebesar 56,52%. Setelah melakukan penerapan model pembelajaran Learning Start With A Question (LSQ) pada siklus I hasil belajar siswa mengalami peningkatan perolehan nilai ≥ 70 sebanyak 13 orang siswa yang tuntas atau 56,52% dan yany tidak tuntas sebanyak 10 orang siswa atau 43,47%. Pada siklus II hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan yaitu siswa memperoleh nilai ≥ 70 sebanyak 21 orang siswa atau 91,30% sedangkan yang tidak tuntas sebanyak 2 orang siswa atau 8,69%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan hasil belajar pada mata pelajaran IPS di kelas V SD Negeri 3 Katobengke Kota Baubau.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-01-01