Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Eksperimen Pada Mata Pelajaran IPA Di Sekolah Dasar

Authors

  • Bella Nazria Universitas Muhammadiyah Buton
  • Fitriani B Universitas Muhammadiyah Buton

Keywords:

Hasil Belajar, Metode Pembelajaran, Eksperimen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa melalui metode eksperimen pada materi magnet dan kegunaannya di kelas V mata Pelajaran IPA. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Desain penelitian yang digunakan adalah PTK model Kemmis dan Taggart melalui empat tahapan yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV di SD Negeri 2 Lowu-Lowu  pada semester ganjil tahun ajaran 2024/2025 yang berjumlah 21 siswa, yang terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan tes. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, siklus I dan siklus II diperoleh data sebagai berikut: prasiklus sampai akhir tindakan yaitu siklus II. Nilai ketuntasan siswa yang diperoleh pada prasiklus yaitu 4 orang siswa dengan nilai rata-rata 45 dan ketuntasan klasikal 19%. Sedangkan nilai ketuntasan siswa yang diperoleh pada siklus I yaitu 13 orang siswa dengan nilai rata-rata 67 dan ketuntasan secara klasikal 62%. Sedangkan untuk siklus II nilai ketuntasan     siswa yang diperoleh yaitu 18 orang siswa sedangkan nilai rata-rata 80,2 dan ketuntasan belajar klasikal yaitu 85%.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-01-01