Penggunaan Metode Mind Mapping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Di SD Negeri 1 Kaofe
Keywords:
Hasil Belajar, Metode Pembelajaran, Mind MappingAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di kelas V dengan menerapkan metode mind mapping. Metode mind mapping dipilih karena diyakini mampu membantu siswa dalam memahami dan mengingat informasi secara lebih efektif melalui visualisasi konsep-konsep utama yang saling berhubungan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V di salah satu sekolah dasar yang berjumlah 14 orang. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar, observasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam hasil belajar siswa setelah diterapkannya metode mind mapping. Pada siklus I, rata-rata nilai siswa mengalami peningkatan namun masih ada beberapa siswa yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Setelah dilakukan perbaikan pada siklus II, hasil belajar siswa meningkat lebih lanjut, dan hampir seluruh siswa mencapai KKM. Selain itu, metode mind mapping juga meningkatkan motivasi dan partisipasi siswa dalam pembelajaran IPS.