Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Dengan Menggunakan Metode Kolaboratif Siswa Kelas IV SD Negeri Tongano Barat

Authors

  • Dian Putri Universitas Muhammadiyah Buton
  • Kamarudin Kamarudin Universitas Muhammadiyah Buton

Keywords:

Hasil Belajar, IPAS, Pembelajaran Kolaboratif

Abstract

Tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode pembelajaran kolaboratif pada mata pelajaran IPAS. Jenis penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, dengan setiap siklus terdiri atas empat tahapan dasar yaitu tahap perencanaan, tahap penerapan, tahap pengamatan dan tahap refleksi. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD Negeri Tongano Barat pada semester ganjil tahun pelajaran 2023/2024 yang berjumlah 13 orang siswa yang terdiri dari 5 orang siswa laki-laki dan 8 orang siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian siklus I dan Siklus II diperoleh hasil belajar siswa siklus I rata-rata 60, dengan ketuntasan (46%) atau 6 siswa yang tuntas dan 7 orang siswa tidak tuntas (54%). Pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar siswa yaitu rata-rata 75, dengan ketuntasan mencapai (77%) atau 10 orang siswa yang tutas dan 3 siswa yang tidak tuntas (23%) dari 13 siswa. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti dapat menyimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran kolaboratif dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS di kelas 4 SD Negeri Tongano Barat.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-01-01