Meningkatkan Keterampilan Membaca Cepat Menggunakan Metodee Spead Reading Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V Sekolah Dasar
Keywords:
Kemampuan Membaca, Metode Pembelajaran, Speed ReadingAbstract
Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan membaca dengan menggunakan metode speed reading pembelajaran bahasa Indonesia kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana meningkatkan keterampilan membaca cepat dengan menggunakan metode Speed reading siswa kelas V SD Negeri 1 Waha, dengan subjek penelitian ialah siswa kelas V SD Negeri 1 Waha tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data yang dapat digunakan dalam penelitian ini adalah pemberian tes, observasi dan dokumentasi. Indikator keberhasilan penelitian ini ditandai dengan meningkatnya kemampuan membaca menggunakan metode speed reading dan siswa mencapai KKM 75% yang telah ditetapkan. Sedangkan pada hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca speed reading pada kondisi awal 62,83%, siklus I sebesar 66,37% dan peningkatan kemampuan membaca cepat siswa pada siklus II meningkat menjadi 75,85%. Oleh karena itu, penggunaan metode speed reading terbukti mampu meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas V SD Negeri 1 Waha.