Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Coorperative Integred Reading and Composition (CIRC) Pada Siswa Sekolah Dasar
Keywords:
Hasil Belajar, Model Pembelajaran, CIRCAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPAS melalui Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) pada siswa kelas IV SD Negeri 2 Bataraguru. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 2 Bataraguru yang berjumlah 26 siswa yang terdiri dari 10 orang siswa perempuan dan 16 orang siswa laki-laki. penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data penelitian ini mengunakan Observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik kuantitatif dan teknik kualitatif. Penelitian ini menunjukkan bahwa sebelum menggunakan model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dalam pembelajaran IPAS diperoleh nilai yang tuntas sebanyak 12 siswa (46,1%) dengan nilai rata-rata 60,7 kemudian mengalami peningkatan pada siklus I dengan perolehan nilai siswa yang tuntas sebanyak 16 siswa (61,5%) dengan nilai rata-rata 69,2 kemudian pada siklus II dengan perolehan data nilai siswa yang tuntas sebanyak 25 siswa (96,1) dengan nilai rata-rata 80,7 dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPAS pada siswa kelas IV SD Negeri 2 Bataraguru.