Meningkatkan Kemampuan Kerjasama Siswa Dalam Pembelajaran IPAS Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Di Sekolah Dasar

Authors

  • Asti Oktaviani Universitas Muhammadiyah Buton
  • Irsan Irsan Universitas Muhammadiyah Buton

Keywords:

Kemampuan Kerjasama, IPAS, NHT

Abstract

Penelitian bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kerjasama siswa dalam pembelajaran IPAS dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT siswa kelas IV SDN 3 Wameo. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus yang setiap siklus nya meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 3 Wameo sebanyak 22 siswa yang terdiri dari 15 siswa laki laki dan 7 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif untuk mendeskripsikan gambaran proses pembelajaran dan deskriptif kuantitatif untuk menghitung hasil observasi. Setelah melakukan penelitian, hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan bekerjasama siswa terlihat pada siklus I diperoleh skor rata-rata persentase sebesar 51,36% kategori kurang dan meningkat menjadi 89,09% pada siklus II dengan kategori sangat baik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT kemampuan bekerjasama siswa dapat meningkat.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-01-01