Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Berbantuan Media Flipchart untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Siswa Sekolah Dasar
Keywords:
Hasil Belajar, Media Flipchart, NHTAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Bahasa Indoneisa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) berbantuan media Flipchart. Subjek dalam penelitian ini yaitu semua siswa kelas III SD Negeri 1 Bungi. Desain penelitian yang digunakan yaitu desain penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 siklus. Prosedur dalam setiap siklus yaitu: Perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data melalui obsrvasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada siklus I mencapai 80% dan siklus II meningkat menjadi 100%. Aktifitas belajar siswa pada siklus I 84,21% dan siklus II 100%. Siswa yang mendapat nilai tuntas di siklus I sebanyak 21 siswa 70% dan tidak tuntas 9 siswa 30% dengan rata-rata hasil belajar siswa 70,33 dan siklus II terjadi peningkatan nilai tuntas menjadi 27 siswa 90% dan yang tidak tuntas 3 siswa 10% dengan rata-rata 88. Dari pembahasan tersebut, dapat di simpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heeads Together (NHT) berbantuan media Flipchart dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia pada siswa kelas III SD Negeri 1 Bungi.