Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Word Square pada Mata Pelajaran IPA Sekolah Dasar
Keywords:
Hasil Belajar, Model Pembelajaran, Word SquareAbstract
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA dengan menggunakan model pembelajaran Word Square pada siswa kelas IV SD Negeri 71 Buton. Metode penelitian meliputi prosedur penelitian yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV yang berjumlah 11 siswa yang terdiri dari 5 siswa laki-laki dan 6 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui tes, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2022/2023 yang dilakukan sebanyak 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 1 kali pertemuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran siswa pada prasiklus sebelum menerapkan model Word Square terdapat 4 siswa yang tuntas belajar dengan ketuntasan klasikal 36,36%. Setelah menerapkan model Word Square pada siklus I siswa yang tuntas belajar menjadi 6 siswa dengan ketuntasan klasikal 54,54%. Kemudian pada siklus II meningkat menjadi 9 siswa yang tuntas belajar dengan ketuntasan klasikal 81,81%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa menggunakan model Word Square dapat meningkatkan hasil belajar IPA di kelas IV SD Negeri 71 Buton.