Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Organ Hewan Dan Manusia Menggunakan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Di Sekolah Dasar
Keywords:
Hasil Belajar, Model Pembelajaran, CTLAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA materi organ gerak hewan dan manusia adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 1 Katobengke dengan subyek siswa kelas V sebanyak 25 siswa yang terdiri dari 13 laki-laki dan 12 perempuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran dengan menggunakan model contextual teaching and learning berhasil mencapai nilai kriteria ketuntasan. Analisis data menunjukkan bahwa hasil pra siklus hanya terdapat 9 siswa dari 25 siswa yang mencapai nilai ketuntasan dengan persentase ketuntasan hanya sebesar 36%. Hasil tes siklus I siswa meningkat dari 25 siswa terdapat 17 siswa yang telah mencapai ketuntasan belajar dengan persentase ketuntasan sebesar 68% yang lebih meningkat dari sebelumnya. Selanjutnya hasil siklus II siswa meningkat dari 25 siswa terdapat 22 siswa yang telah mencapai ketuntasan belajar dengan persentase ketuntasan sebesar 88% telah melebihi indikator ketuntasan klasikal yakni sebesar 85%. Peneliti dapat menyimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Contetual Teaching and Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi IPA, khususnya pada Tema 1 Organ Gerak hewan dan Manusia.