Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Pemggunaan Model Pembelajaran Example Non Example Pada Pembelajaran IPA Siswa Sekolah Dasar
Keywords:
Hasil Belajar, Model Pembelajaran, Example Non ExampleAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPA SD Negeri 3 Lamangga melalui model pembelajaran Example Non Example. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan atau observasi dan refleksi. Jenis penelitian yang dilakukan peneliti adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 3 Lamangga berjumlah 20 orang, yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan pada tahun ajaran 2023/2024. Metode pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi terhadap hasil belajar siswa dan teknik tes tertulis. Analisis data dilakukan menggunakan rumus persentase untuk menghitung nilai rata-rata dan ketuntasan klasikal. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata hasil belajar siswa siklus I adalah 67 dengan persentase ketuntasan sebesar 60% dan pada siklus II mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata siswa sebesar 78,5 dengan persentase ketuntasan sebesar 85%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Example Non Example mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPA di kelas V SD Negeri 3 Lamangga.