Penerapan Model Pembelajaran Nubered Head Together (NHT) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD Negeri 1 Morindino
Keywords:
Hasil Belajar, Model Pembelajaran, NHTAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar PPKn siswa kelas V SD Negeri 1 morindino tahun ajaran 2022/2023 melalui penerapan model pembelajaran NHT dilakukan dalam dua siklus, satu siklus dilaksanakan dua kali Tindakan penelitian. Subjek penelitian adalah siswa kelas V sebanyak 16 orang yang terdiri dari 6 orang siswa laki-laki dan 10 orang siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2022/2023 pada bulan mei 2023. Teknik pengumpulan data antara lain lembar observasi siswa dan guru, lembar tes selama tindakan dan dokumentasi selama pembelajaran. Hasil belajar PPKn pada siklus I diperoleh rata-rata 70,62% dan siklus II dengan rata-rata 83,43%. Dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran Numbered head Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar PPKn siswa kelas V SD Negeri 1 morindino. Hal ini terbukti dari peningkatan rata-rata hasil belajar siswa 83,43% peningkatan yang signifikan pada siklus II. Keberhasilan ini didukung oleh adanya kesiapan guru dalam dalam merancang pembelajaran dan proses pembelajaran yang dilaksanakan sesuai rencana.