Penerapan Model Pembelajaran Nubered Head Together (NHT) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD Negeri 1 Morindino

Authors

  • Arjunadin Arjunadin Unuversitas Muhammadiyah Buton
  • Gawise Gawise
  • Suardin Suardin

Keywords:

Hasil Belajar, Model Pembelajaran, NHT

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar PPKn siswa kelas V SD Negeri 1 morindino tahun ajaran 2022/2023 melalui penerapan model pembelajaran NHT dilakukan dalam dua siklus, satu siklus dilaksanakan dua kali Tindakan penelitian. Subjek penelitian adalah siswa kelas V sebanyak 16 orang yang terdiri dari 6 orang siswa laki-laki dan 10 orang siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2022/2023 pada bulan mei 2023. Teknik pengumpulan data antara lain lembar observasi siswa dan guru, lembar tes selama tindakan dan dokumentasi selama pembelajaran. Hasil belajar PPKn pada siklus I diperoleh rata-rata 70,62% dan siklus II dengan rata-rata 83,43%. Dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran Numbered head Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar PPKn siswa kelas V SD Negeri 1 morindino. Hal ini terbukti dari peningkatan rata-rata hasil belajar siswa 83,43% peningkatan yang signifikan pada siklus II. Keberhasilan ini didukung oleh adanya kesiapan guru dalam dalam merancang pembelajaran dan proses pembelajaran yang dilaksanakan sesuai rencana.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-07-31