Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Menggunakan Media Cerita Bergambar Bahasa Indonesia Kelas III SD Negeri 4 Lakudo
Keywords:
Membaca Pemahaman, Bahasa Indonesia, Media Cerita BergambarAbstract
Penelitian Ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas III SD negeri 4 Lakudo dengan mengunakan media cerita bergambar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang setiap siklusnya terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan,observasi, dan refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri 4 Lakudo Kabupaten Buton Tengah berjumlah 15 siswa yang terdiri dari 4 orang siswa perempuan dan 11 orang siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes hasil belajar siswa dan observasi siswa dan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar pra siklus, siklus I, dan siklus II diperoleh data sebagai berikut: standar KKM mata pelajaran Bahasa Indonesia adalah 65. Hasil penelitian ini menunjukkan telah terjadi peningkatan hasil belajar. Hasil tes pra siklus ada 7 siswa tuntas (47%) dan 8 siswa tidak tuntas (53,33%). Pada Siklus I ada 10 siswa yang tuntas (67%) dan 5 siswa yang tidak tuntas (33,33%) sedangkan pada siklus II ada 13 siswa yang tuntas (87%) dan ada 2 siswa yang tidak tuntas (13,33).