Menerapkan Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments dalam Meningkatkan Hasil belajar IPS Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Authors

  • Witri Mardalena Universitas Muhammadiyah Buton
  • Safiudin Safiudin

Keywords:

Hasil Belajar, IPS, Model Pembelajaran, TGT

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN 44 Buton melalui model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournaments (TGT). Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas (classroom action reaserch) dengan subjek penelitian siswa kelas V SDN 44 Buton yang berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Instrumen berupa lembar observasi dan soal tes. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Indikator keberhasilan penelitian ini ditandai dengan meningkatnya hasil belajar IPS yakni 75% dari jumlah siswa yang mengikuti proses pembelajaran telah memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 65 dan meningkatnya kualitas proses (partisipasi/keterlibatan siswadan aktifitas guru) dalam lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournaments) pada mata pelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Sebelum dilakukannya tindakan 6 siswa mencapai ketuntasan (30%) dan 14 siswa belum mencapai ketuntasan (70%). Setelah dilakukan tindakan siklus I siswa yang mencapai ketuntasan 8 siswa (40%) dan belum tuntas 12 siswa (60%). Setelah tindakan siklus II, siswa tuntas belajar 18 siswa (90%) dan belum tuntas 2 siswa (10%). Rata-rata hasil belajar siswa sebelum tindakan 57,40, setelah siklus I meningkat menjadi 63,90, setelah siklus II meningkat menjadi 78,80. 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-01-01