Penerapan Metode Fun Teaching untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas III di SD Negeri 3 Wameo

Authors

  • Debi Indriani Universitas Muhammadiyah Buton
  • A. Muh. Ali

Keywords:

Hasil Belajar, Matematika, Fun Teaching

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Penerapan Metode Fun Teaching untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas III SD Negeri 3 Wameo. Jenis penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri 3 Wameo, yang berjumlah 23 siswa, dengan siswa perempuan sebanyak 12 siswa dan siswa laki-laki sebanyak 11 siswa. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data kuantitatif. Data kuantitatif diperoleh melalui tes formatif untuk mengetahui nilai hasil belajar peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa metode Fun Teaching memberikan pengaruh positif dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SD Negeri 3 Wameo pada mata pelajaran matematika. Pengaruh positif ini ditunjukkan dengan peningkatan persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I yaitu 73,91%. Hasil belajar pada siklus I lebih baik dari hasil belajar siswa pada saat dilakukan pra tindakan yaitu hanya sebesar 26,08%. Sedangkan hasil belajar siswa yang tuntas pada siklus II adalah 91,30% dan dinyatakan berhasil secara klasikal.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-01-01