Meningkatkan Hasil Belajar IPA Dengan Menggunakan Model Pembelajaran (LSQ) Materi Perpindahan Kalor Di Sekitar Kita
Keywords:
Hasil Belajar, Model Pembelajaran, LSQAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran learning start with a question (LSQ) pada mata pelajaran IPA kelas V SD Negeri 3 Katobengke Kelurahan Lipu Kota Baubau. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dikelas V SDN 3 Katobengke Kelurahan Lipu Kota Baubau yang berjumlah 23 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan tes. Berdasarkan data observasi yang diperoleh pada pra siklus yang memperoleh ≥ 70 sebanyak 10 orang siswa atau sebesar 43,47% yang tuntas, sedangkan yang tidak tuntas sebanyak 13 orang siswa atau sebesar 56,52%. Setelah melakukan penerapan model pembelajaran Learning Start with A Question (LSQ) pada sklus I hasil belajar siswa mengalami peningkatan perolehan nilai ≥ 70 sebanyak 14 orang siswa yang tuntas atau 60,86% dan yang tidak tuntas sebanyak 9 orang siswa atau 39,13%. Pada siklus II hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan yaitu siswa memperoleh nilai ≥ 70 sebanyak 21 orang siswa atau 91,30% sedangkan yang tidak tuntas sebanyak 2 orang siswa atau 8,69%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Learning Start with A Question (LSQ) dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPA kelas V di SDN 3 Katobengke Kelurahan Lipu Kota Baubau.