Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Permainan Ice Breaking pada Mata Pelajaran IPA SD Negeri 100 Buton
Keywords:
Hasil Belajar, Ice Breaking, IPAAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN 100 Buton dapat ditingkatkan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, tiap siklus terdiri dari empat tahap kegiatan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan kuantitatif diperoleh dari tes hasil belajar siswa, data kualitatifnya diperoleh dari lembar observasi. Berdasarkan hasil analisis data penelitian hasil prasiklus, siklus I dan siklus II diketahui ada peningkatan hasil belajar siswa mata pelajaran IPA yaitu prasiklus mencapai ketuntasan klasikal 30% berarti hanya 6 siswa yang memperoleh nilai diatas KKM 30% tuntas, memperoleh nilai dibawah KKM ada 14 orang atau 70% tidak tuntas. Pada siklus 1 diperoleh hasil 11 siswa memperoleh nilai diatas KKM atau 55% tuntas, 9 siswa memperoleh nilai dibawah KKM atau 45% tidak tuntas. Sedangkan pada siklus II diperoleh hasil 17 orang siswa memperoleh nilai diatas KKM atau 85% tuntas, 3 siswa memperoleh nilai dibawah KKM atau 15% tidak tuntas. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa mata pelajaran IPA kelas IV SDN 100 Buton meningkat.