Penerapan Model Pembelajaran Langsung Berbantuan Media Audio-Visual Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Authors

  • Rahmatia Rahmatia Unuversitas Muhammadiyah Buton
  • Hijrawatil Aswat
  • Imran Kudus

Keywords:

Motivasi, Media Pembelajaran, Audio-Visual

Abstract

Penerapan model pembelajaran langsung (Direct Intruction) menggunakan media Audio-visual untuk meningkatkan motivasi belajar IPA kelas V di SD Negeri I Baubau. Berdasarkan analisis data angket siswa pada Peningkatan motivasi belajar IPA ditunjukkan pada setiap akhir siklus penelitian. Peningkatan rata-rata motivasi belajar IPA dari pra siklus atau keadaan awal 50.14% meningkat menjadi 62.44% pada siklus I, kemudian mengalami peningkatan pada siklus 2 menjadi 76.20%. dan pada siklus II persentase motivasi belajar siswa sudah meningkat dan sesuai dengan persentase yang ingin dicapai pada tingkat motivasi belajar siswa yaitu: sebanyak 3 siswa (12%) berkategori sangat tinggi dibandingkan data nilai siklus I dimana tidak ada siswa dengan kategori sangat tinggi, 20 (95.23%) orang dengan kategori tinggi dibandingkan data nilai siklus I dimana tidak ada siswa dalam kategori tinggi, Siswa dalam kategori sedang sebanyak 24 (96%) orang. Hal ini kemudian menunjukkan bahwa Pembelajaran IPA dengan menerapkan model pembelajaran langsung (Direct Intruction) berbantuan dengan media audio-visual dapat meningkatkan motivasi belajar IPA siswa kelas V di Sekolah Dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-07-31