Hubungan Antara Lingkungan Sekolah dengan Hasil Pembelajaran Tematik pada Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Wajo
Keywords:
Lingkungan sekolah, Hasil Pembelajaran, TematikAbstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui hubungan antara lingkungan sekolah dengan hasil pembelajaran tematik. Hasil penelitian dapat diperoleh bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara lingkungan sekolah dengan hasil belajar siswa. Desain penelitian ini tergolong penelitian kuantitatif yakni korelasi yang bersifat kausal (sebab-akibat) dengan tujuan untuk mengetahui hubungan yang ada di dalam variabel tersebut. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan wawancara. Dalam penelitian ini yang menjadi sasaran populasi adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Wajo Kota Baubau yang berjumlah 35 orang. Adapun sampel dalam penelitian ini berjumlah 35 orang. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa terdapat hubungan yang positif antara lingkungan sekolah dengan hasil belajar siswa. Semakin baik lingkungan sekolah yang digunakan untuk kegiatan belajar akan semakin meningkatkan hasil belajar siswa. Oleh karena itu, dengan tingginya hasil belajar siswa di SD Negeri 1 Wajo diharapkan dapat membantu meningkatkan kualitas pendidikan sekolah dasar di SD Negeri 1 Wajo. Adapun saran yang dapat disampaikan adalah Pihak sekolah hendaknya lebih memperhatikan keluhan dari guru dan siswa seperti sumber belajar atau alat belajar yang dibutuhkan dalam proses pembelajaran.