Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Daerah Tempat Tinggalku Melalui Metode Karya Wisata Kelas IV SDN 50 Buton

Authors

  • Wendi Estriani Unuversitas Muhammadiyah Buton
  • Safiudin Safiudin
  • Acoci Acoci

Keywords:

Hasil Belajar, Model Pembelajaran, Karya Wisata

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar tema 8 daerah tempat tinggalku menggunakan metode karya wisata dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 50 Buton. Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian tindakan kelas, dengan menggunakan model Kemmis dan Taggart. Penelitian ini terdiri dari empat langkah yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi, dan dilakukan dua siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi guru dan siswa, lembar soal (tes tertulis). Hal ini dibuktikan dengan data hasil penelitian yaitu pada hasil tes pretest, ada 5 yang tuntas atau 31,57%, pada siklus I ada 12 siswa yang tuntas atau 63,42%. Sedangkan hasil tes pada siklus II yang dilakukan, ada 17 siswa yang tuntas atau 89,47% secara klasikal telah melebihi indikator ketuntasan klasikal yakni sebesar 80%. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dengan menggunakan metode karya wisata dapat meningkatkan hasil belajar siswa siklus I ke siklus II sebanyak 89,47%.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-09-15