Penerapan Metode Bermain Peran Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD Negeri 1 Molona

Authors

  • LM Swarno Ahmadi Universitas Muhammadiyah Buton
  • Yurfiah Yurfiah

Keywords:

Hasil Belajar, Model Pembelajaran, Bermain Peran

Abstract

Penelitian ini bertujuan Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Penerapan Metode Bermain Peran Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SDN 1 Molona Kabupaten Buton Selatan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan subjek penelitian siswa kelas IV. SDN 1 Molona berjumlah 16 siswa. Objek penelitian ini adalah Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Pemimpin Idola Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian tindakan ini dilakukan dalam dua siklus yang pada tiap siklusnya terdapat empat komponen yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode Bermain Peran dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV di SD Negeri 1 Molona. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata siswa yang semula 60 dan ketuntasan klasikal 68%, serta pada siklus II rata-rata kelas menjadi 78 dan ketuntasan klasika menjadi 93%. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode Bermain Peran dapat Meningkatkan Hasil Belajar siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SDN 1 Molona.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-09-15