Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Metode Mind Mapping Pada Pembelajaran PPKn Di Kelas V SD Negeri 80 Buton
Keywords:
Hasil Belajar, Model Pembelajaran, Mind MappingAbstract
Pelaksanaan proses pembelajaran dalam Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan masih terkonsentrasi pada guru, cenderung menggunakan metode ceramah sehingga menimbulkan proses belajar yang monoton, kurang menarik dan hanya terpusat pada buku siswa. Oleh karena itu penulis mencoba untuk melakukan upaya dengan menerapkan metode pembelajaran Mind Mapping. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran dan peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan Mind Mapping. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan model PTK. Instrumen yang digunakan dalam PTK ini terdiri dari lembar observasi terhadap guru dan siswa serta lembar evalusi yang berupa tes tertulis. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa setiap siklus. Hal ini dapat dilihat dari tingkat ketuntasan belajar siswa yang diperoleh pada setiap siklusnya. Pada kegiatan pra siklus sebelum menerapkan model pembelajaran Mind Mapping diperoleh persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 16,67 dengan nilai rata-rata 40. Kemudian pada siklus I mengalami peningkatan dengan persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 50% dengan nilai rata-rata 49,58 dan pada siklus II terjadi peningkatan dengan perolehan persentase ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 91,67% dengan nilai rata-rata 82,08. Dengan demikian, dapat disimpulkan penerapan metode Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran PPKn.