Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pelajaran PKn Menggunakan Media Visual Gambar Pancasila Di Sekolah Dasar
Keywords:
Hasil Belajar, Media Pembelajaran, Audio VisualAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pelajaran PKn menggunakan media visual gambar pancasila di kelas IV SD Negeri 7 Mawasangka Tengah Kabupaten Buton Tengah. Dalam penelitian ini media yang digunakan adalah visual gambar pancasila. Penelitian ini dilakukan pada bulan Mei sampai bulan Juni. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan selama dua siklus, pada masing-masing siklus baik siklus I dan II dilaksanakan dengan dua kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 7 Mawasangka Tengah yang berjumlah 23 orang siswa. Berdasarkan hasil belajar siswa pada pelajaran PKn menggunakan media visual gambar pancasila di kelas IV SD Negeri 7 Mawasangka Tengah, maka peneliti menemukan bahwa siswa pada prasiklus hanya mencapai nilai rata-rata 46,30 dengan ketuntasan klasikal 17,39%. Pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 61,30 dengan ketuntasan klasikal 43,47%. Sedangkan pada siklus II siswa memperoleh nilai rata-rata 79,56 dengan ketuntasan klasikal 86,95%. Berdasarkan hasil siklus II ketuntasan klasikal siswa telah mencapai ketuntasan yang telah ditentukan yaitu 80%, maka dapat dikatakan bahwa penggunaan media visual gambar pancasila dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran PKn di kelas IV SD Negeri 7 Mawasangka Tengah.