Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Dengan Media Gambar Pada Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Siti Fatimah Universitas Muhammadiyah Buton
  • Nadir La Djamudi Universitas Muhammadiyah Buton
  • La Ode Madiani Universitas Muhammadiyah Buton

Keywords:

Keterampilan Menulis, Kerangka Deskripsi , Media Gambar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah “untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi melalui dengan media gambar pada siswa kelas IV SD Negeri 4 Sangia Wambulu Kabupaten buton tengal Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) kolaborasi. Subjek penelitian siswa kelas IV SD Negeri4 Sangia Wambulu Tahun ajaran 2022/2023 dengan jumlah 21 siswa. Desain penelitian ini menggunakan model penelitian Kemmis dan Mc Taggart. Metode pengunpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah: 1) lembar observasi aktivitas guru dan siswa ketika proses pembelajaran, 2) Tes, 3) lembar catatan lapangan, 4) dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif. Berdasarkan data hasil observasi pada pembelajaran, guru telah menggunakan media gambar dan membimbing siswa dalam menulis karangan deskripsi. Guru juga memotivasi siswa, sehingga lebih antusias dalam pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan media gambar dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa. Peningkatan keterampilan menulis karangan deskripsi pada siklus I sebesar 5,4% meningkat menjadi 6,4%.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-10-01