Meningkatkan Hasil Belajar Tema 7 Indahmya Keragaman Negeriku Model Kooperatif Tipe Student TeamsS Achievement Division (STAD)
Keywords:
Hasil Belajar, Model Pembelajaran, STADAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa tema 7 indahnya keragaman di negeriku menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dengan dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Prosedur penelitian ini terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Pada data hasil penelitian menunjukan pada Siklus I terdapat 9 siswa memperoleh nilai diatas KKM atau 47,36% tuntas, dan 10 siswa yang memperoleh nilai dibawah KKM atau 52,64% belum tuntas. Dan pada Siklus II terdapat 16 siswa yang memperoleh nilai diatas KKM atau 84,21% tuntas, dan 3 siswa yang memperoleh nilai dibawah KKM atau 15,79% belum tuntas. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 53 Buton.