Meningkatkan Hasil Belajar Melalui Metode Joyful Learning Berbantuan Media Flipbook Pada Siswa Sekolah Dasar
Keywords:
Hasil Belajar, Model Pembelajaran, Joyful LearningAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui metode joyful learning berbatuan media flipbook pada pembelajaran IPA tema 5 cuaca kelas III SDN 2 Baadia. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 4 tahapan penelitian: (1) Perencanaan (2) Pelaksanaan (3) Observasi (4) Refleksi. Subjek penelitian ini sebanyak 21 siswa yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus tindakan, setiap siklus dilakukan tes dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan metode joyful learning berbantuan media flipbook dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan analisis data hasil belajar siswa pada siklus I mencapai 76,19% dan siklus II mencapai 95,23%. Hasil obervasi aktivitas guru pada siklus I mencapai 81,25% dan siklus II mencapai 100%. Hasil observasi siswa pada siklus I mencapai 87,5% dan siklus II mencapai 100%. Berdasarkan hasil belajar dan aktivitas guru dan siswa maka dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan metode joyful learning berbantuan media flipbook dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas III SDN 2 Baadia.