Meningkatkan Hasil Belajar Membaca Nyaring Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Dengan Menggunakan Metode Demonstrasi Siswa Sekolah Dasar
Keywords:
Membaca Nyaring, Metode Demonstrasi, Bahasa IndonesiaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca nyaring siswa kelas III mata pelajaran bahasa Indonesia di SD Negeri 1 Katilombu melalui penerapan metode demonstrasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Metode ini melibatkan pemeriksaan masalah pembelajaran di kelas melalui refleksi diri, dengan tujuan untuk menyelesaikan masalah tersebut dengan menerapkan berbagai tindakan terencana dalam skenario dunia nyata dan mengevaluasi dampak dari setiap perlakuan. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yang meliputi observasi, tes, dan dokumentasi. Data dikumpulkan dari 25 siswa kelas III dan instruktur kelas III yang bertindak sebagai kolaborator. Pada mata pelajaran bahasa Indonesia, penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada Siklus I dan Siklus II dengan menggunakan metode demonstrasi telah menunjukkan bahwa kemampuan membaca nyaring siswa meningkat. Hal ini ditunjukkan dengan hasil persentase ketuntasan belajar siswa pada tahap Pra Siklus sebesar 40%. Pada Siklus I persentasenya sebesar 60% dan meningkat menjadi 80% pada Siklus II. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan media pembelajaran metode demonstrasi dapat meningkatkan kemampuan membaca nyaring siswa kelas III SD Negeri 1 Katilombu pada mata pelajaran bahasa Indonesia.