Pengaruh Model PAIKEM Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Baadia

Authors

  • Brisa Ananda Universitas Muhammadiyah Buton
  • Samritin Samritin
  • A. Muh. Ali

Keywords:

Hasil Belajar, Model Pembelajaran, PAIKEM

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan (PAIKEM) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri 2 Baadia. Penelitian berjenis kuantitatif dengan desain control group pretest-posttest, teknik pengambilan sampel berjenis teknik random sampling di  kelas IV, yaitu kelas eksperimen (IV B) dan kelas kontrol (IV A), masing-masing 27 siswa. Instrumen penelitian menggunakan observasi dan tes yang telah diuji validitas dan reliabilitas. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang telah dideskripsikan diatas, maka dapat diperoleh kesimpulan bahwa model pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan (PAIKEM) berpengaruh positif terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri 2 Baadia. Hal ini terbukti dari hasil uji hipotesis menggunakan uji t dengan hasil yang diperoleh yaitu nilai sig. (2-tailed) 0,006 < 0,05. Berarti hipotesis alternatif Ha pada penelitian ini dapat diterima, yaitu adanya pengaruh model pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan (PAIKEM) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri 2 Baadia.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-09-15