Penerapan Model Pembelajaram Cooperative Tipe Numbered Head Together untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas V SD Negeri 5 Buton

Authors

  • Nawiti Nawiti Universitas Muhammadiyah Buton

Keywords:

Hasil Belajar, Media Pembelajaran, Numbered Head Together

Abstract

Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Tipe Numbered Head Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V SD Negeri 5 Buton. Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 5 Buton Pada Mata Pelajaran IPS Melalui Model Pembelajaran Cooperative Tipe Numbered Head Together. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang setiap siklusnya terdiri 4 tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi. Subjek penelitian yang dipilih yaitu siswa kelas V SD Negeri 5 Buton pada semester genap tahun pelajaran 2023/2024 yang berjumlah 17 siswa yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 6 siswi perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, lembar tes, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian siklus I dan siklus II diperoleh hasil ini untuk menujukan terjadi peningkatan hasil belajar, yakni hasil tes siklus I ada 12 siswa yang tuntas (71%) dan tidak tuntas 6 siswa (29%). Hasil belajar siswa pada siklus II yang tuntas sebanyak 15 siswa (88%) dan tidak tuntas ada 2 siswa (12%). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran cooperative tipe Numbered Head Together media pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SD Negeri 5 Buton.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-10-01