Meningkatkan Hasil Belajar PPkn Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Studentteams Achievement Division (STAD) Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Bayu Lestari Universitas Muhammadiyah Buton

Keywords:

Hasil Belajar, Model Pembelajaran, STAD

Abstract

Tujuan penelitian untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement division (STAD) Siswa Kelas IV di SD Negeri 111 Buton. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 111 Buton yang berjumlah 15 siswa. Penelitian ini terdiri atas dua siklus dengan empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam pembelajaran PPKn diperoleh nilai yang tuntas sebanyak 3 siswa (20%) dengan nilai rata-rata 52,33. Kemudian mengalami peningkatan pada siklus I dengan perolehan nilai siswa yang tuntas sebanyak 7 siswa (46,67%) dengan nilai rata-rata 62. Pada siklus II dengan perolehan data nilai siswa yang tuntas sebanyak 13 siswa (86,67%) dengan nilai rata-rata 78. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn siswa kelas IV SD Negeri 111 Buton.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-10-01