Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Sekolah Dasar
Keywords:
Hasil Belajar, Model Pembelajaran, TGTAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Operasi Bilangan Pecahan Kelas V Menggunakan Model Kooperatif Tipe Teams Games Tournment (TGT) SD Negeri 1 Katobengke. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus, dengan setiap siklus terdiri atas empat tahapan dasar yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan/observasi dan tahap refleksi/evaluasi. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas V SD Negeri 1 Katobengke pada semester genap tahun pelajaran 2023/2024 yang berjumlah 21 orang siswa terdiri dari 11 orang siswa laki-laki dan 10 orang siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, lembar tes pilihan ganda, esay dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian siklus I dan siklus II diperoleh hasil belajar siklus I rata-rata 73, dengan ketuntasan individu 14 orang tuntas (66%) dan 7 orang siswa tidak tuntas (33%) selanjutnya pada siklus II terjadi hasil peningkatan siswa yaitu dengan nilai rata-rata 83, dengan ketuntasan individu 18 orang siswa yang tuntas (85,71%) dan 3 orang siswa yang tidak tuntas (14,28%). Hasil penelitian dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa menggunakan Model Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) di Kelas V SD Negeri 1 Katobengke.