Penerapan Metode Student Teams Achivement Decision (STAD) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD Negeri Kabita
Keywords:
Hasil Belajar, Model Pembelajaran, STADAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menerapkan metode STAD pada siswa kelas III SD Negeri Kabita Kabupaten Wakatobi. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dengan dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Prosedur penelitian ini terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa belajar siswa pada siklus I mempunyai presentase ketuntasan 64% dengan nilai rata-rata 63,2. Kemudian pada siklus II persentase ketuntasan belajar siswa mencapai 84% dengan nilai rata-rata 83. Dan persentase aktivitas guru siklus I pertemuan pertama sebesar 72% dan pertemuan kedua sebesar 81%, sedangkan pada siklus II pertemuan pertama sebesar 90% dan pertemuan kedua sebesar 100%. Persentase aktivitas siswa pertemuan pertama sebesar 54% dan pertemuan kedua sebesar 72%, sedangkan pada siklus II pertemuan pertama sebesar 81% dan pertemuan kedua sebesar 100%. Dengan demikian dengan diterapkan metode pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar siswa.