Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Model Cooperative Learning Tipe STAD pada Siswa Kelas V SD Negeri 7 Mawasangka Timur

Authors

  • Wilza Zazira universitas muhammadiyah buton

Keywords:

Hasil Belajar, Model Pembelajaran, STAD

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA yang diperoleh melalui penerapan model cooperative learning tipe STAD (Student Team Achievement Devisions) siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN 7 Mawasangka Timur dengan jumlah 16 orang siswa terdiri dari 9 orang siswa laki-laki dan 7 orang siswa perempuan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan lembar observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah menggunakan  analisis aktivitas guru dan siswa dan analisis hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I siswa yang mencapai ketuntasan belajar secara individu sebanyak 11 orang siswa atau 68,7% sedangkan 5 orang atau 31,2% belum mancapai ketuntasan belajar atau belum memenuhi KKM 85%. Pada siklus II ada 14 orang siswa atau 87,5% mencapai ketuntasan belajar secara individu, dan 2 orang siswa atau 12,5% belum mencapai ketuntasan belajar. Namun presentase ketuntasan belajar secara klasikal yang diharapkan peneliti sudah tercapai yaitu sekitar 85% dari jumlah siswa keseluruhan. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa ketuntasan belajar siswa siklus II sudah tercapai.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-01-01