Main Article Content

Abstract

Penggunaan media sosial di kalangan anak-anak usia sekolah dasar semakin meningkat seiring dengan perkembangan teknologi informasi. Hal ini menjadi tantangan sekaligus peluang bagi dunia pendidikan, khususnya dalam pembentukan karakter sosial siswa. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pemanfaatan media sosial secara positif di lingkungan sekolah dasar, terutama sebagai sarana komunikasi, pendidikan karakter, dan pembimbingan etika digital. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana guru memanfaatkan media sosial dalam proses pembentukan karakter sosial siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data berupa wawancara mendalam kepada guru-guru Sekolah Dasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media sosial, khususnya WhatsApp Group kelas, dimanfaatkan guru sebagai media komunikasi untuk menyampaikan informasi, tugas, serta penguatan nilai-nilai karakter kepada siswa dan orang tua. Selain itu, guru juga menggunakan media sosial untuk membagikan konten edukatif seperti video motivasi dan cerita moral yang mengandung nilai sosial seperti gotong royong, jujur, dan peduli sesama. Guru juga berperan aktif dalam membimbing etika digital siswa, termasuk mengajarkan cara berkomentar yang sopan, menghargai perbedaan, dan tidak menyebarkan informasi hoaks. Dampaknya, siswa menunjukkan peningkatan dalam kemampuan komunikasi, rasa percaya diri, dan kepedulian terhadap sesama.

Keywords

Media Sosial Karakter Sosial Pendidikan

Article Details

How to Cite
Agusalim. (2021). Peran Media Sosial dalam Pembentukan Karakter Sosial Siswa Sekolah Dasar. Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton, 7(4), 794–807. Retrieved from https://jurnal-umbuton.ac.id/index.php/Pencerah/article/view/7598

References

  1. Anisah, A. S., Sapriya, Hakam, K. A., & Syaodih, E. (2021). Perkembangan Sosial, Emosi, Moral Anak dan Implikasinya Terhadap Pembentukan Sikap Sosial SIswa Sekolah Dasar. In JUDIKDAS: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Indonesia (Vol. 1, Issue 1, pp. 69–80). Education and Talent Development Center Indonesia (ETDC Indonesia). https://doi.org/10.51574/judikdas.v1i1.262
  2. Fitriana, R., Darmawan, D. R., Efriani, E., & Apriadi, D. W. (2021). Gejolak Fujoshi Dalam Media Sosial (Peran Media Twitter Dalam Pembentukan Identitas Kelompok Fujoshi). In KIRYOKU (Vol. 5, Issue 2, pp. 228–235). Institute of Research and Community Services Diponegoro University (LPPM UNDIP). https://doi.org/10.14710/kiryoku.v5i2.228-235
  3. Frischapanzola, N., & Karneli, Y. (2020). Peran Konselor dalam Mengembangkan Karakter Siswa Peduli Sosial. In SCHOULID: Indonesian Journal of School Counseling (Vol. 5, Issue 3, p. 96). Ikatan Konselor Indonesia (IKI). https://doi.org/10.23916/08794011
  4. Idrus, S. A. J. Al, & Mareta, M. (2021). Interaksi Edukatif antara Guru Akidah Akhlak dengan Siswa dalam Pembentukan Karakter Sosial Siswa. In JURNAL SCHEMATA Pascasarjana UIN Mataram (Vol. 11, Issue 2, pp. 143–160). State Islamic University (UIN) Mataram. https://doi.org/10.20414/schemata.v11i2.5964
  5. Indawati, N., Rosyidah, A., Nita, C. I. R., & Pristyowati, D. (2021). Pengembangan Media Powtoon Bernilai Karakter Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar. In Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar (Vol. 6, Issue 2, p. 123). Universitas Negeri Padang. https://doi.org/10.24036/jippsd.v6i2.117528
  6. Kurniawan, Y., & Sudrajat, A. (2018). Peran teman sebaya dalam pembentukan karakter siswa Madrasah Tsanawiyah. In SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial (Vol. 15, Issue 2, pp. 149–163). Universitas Negeri Yogyakarta. https://doi.org/10.21831/socia.v15i2.22674
  7. Mallisa’, R. (2021). Peran Guru Terhadap Dampak Digital Learning Bagi Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar. In Masokan: Ilmu Sosial dan Pendidikan (Vol. 1, Issue 1, pp. 28–40). Sekolah Tinggi Agama Kristen Negeri Toraja. https://doi.org/10.34307/misp.v1i1.5
  8. Nida, T. (2019). Pendidikan Karakter Perilaku Sosial Anak Usia Sekolah Dasar dalam Keluarga di Kota Banjarmasin. In Tarbiyah : Jurnal Ilmiah Kependidikan (Vol. 8, Issue 1, p. 75). IAIN Antasari. https://doi.org/10.18592/tarbiyah.v8i1.3009
  9. Noor, D. N. F., & Damariswara, R. (2021). Peran Media Sosial dan Keluarga dalam Pembentukan Karakter Santun Anak Usia Sekolah Dasar. In PTK: Jurnal Tindakan Kelas (Vol. 3, Issue 1, pp. 39–47). Cipta Media Harmoni. https://doi.org/10.53624/ptk.v3i1.105
  10. Ramdhani, D. N., Khansa, S. D., Arifin, M. H., & Rustini, T. (2021). Implementasi Nilai Sosial di Sekolah Dasar pada Siswa Kelas Awal dalam Upaya Membangun Karakter Anak Bangsa. In Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Vol. 3, Issue 1, pp. 128–135). STKIP Muhammadiyah Enrekang. https://doi.org/10.33487/mgr.v3i1.3508
  11. Setyowati, E. A. (2021). Peran Sekolah dalam Pembiasaan Nilai Karakter Peduli Sosial melalui Pembelajaran Dalam Jaringan. In Sistem-Among : Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar (Vol. 1, Issue 2, pp. 55–61). Actual Insight. https://doi.org/10.56393/sistemamong.v1i2.329
  12. Suardin, S., & Yusnan, M. (2021). Pengaruh Manajemen Waktu Belajar Terhadap Efikasi Diri Dan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. JEC (Jurnal Edukasi Cendekia), 5(1), 61-71.
  13. Sunipa, S., Risia, A. F., & Nurtika, N. (2021). Peran Pendidikan Kewirausahaan Sebagai Upaya Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar. In Business Management (Vol. 1, Issue 2). Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala. https://doi.org/10.58258/bisnis.v1i2.5417
  14. Suprio, A. B., Hanurawan, F., & Sutarno, S. (2020). Keterampilan Sosial Siswa Sekolah Dasar Dalam Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Sekolah. In Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan (Vol. 5, Issue 1, p. 121). State University of Malang (UM). https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i1.13153
  15. Tanjung, R., & Lubis, M. R. (2021). Peran Sekolah Islam Terpadu dalam Pembentukan Karakter Religius Siswa. In Darul Ilmi: Jurnal Ilmu Kependidikan dan Keislaman (Vol. 10, Issue 1, pp. 104–119). IAIN Padangsidimpuan. https://doi.org/10.24952/di.v10i1.5886
  16. Triyarsih, M. G. (2019). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar. In Media Manajemen Pendidikan (Vol. 2, Issue 1, p. 25). Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa. https://doi.org/10.30738/mmp.v2i1.4028
  17. Wahyuningdyah, Y. (2021). Peran Guru dalam Pengembangan Karakter Peserta Didik di Media Sosial. In Paidea : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (Vol. 1, Issue 2, pp. 37–40). Actual Insight. https://doi.org/10.56393/paidea.v1i2.958
  18. Wardati, Z. (2019). Peran Guru dalam Pembentukan Karakter Sosial Anak pada Habib Alby Home Schooling. In DAYAH: Journal of Islamic Education (Vol. 2, Issue 2, pp. 261–280). Universitas Islam Negeri Ar-Raniry. https://doi.org/10.22373/jie.v2i2.4185
  19. Winandar, M. L., & Dewi, D. A. (2021). Peran Mata Pelajaran PKN Dalam Membangun Karakter Anak Sekolah Dasar Pada Kehidupan Sosial. In Journal on Education (Vol. 3, Issue 3, pp. 263–269). Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. https://doi.org/10.31004/joe.v3i3.367
  20. Yudianto, Y., & Fauziati, E. (2021). Pembentukan Karakter Siswa dalam Pendidikan Karakter Ditinjau dari Aliran Progresivisme. In Jurnal Sosial Teknologi (Vol. 1, Issue 8, pp. 840–847). Green Publisher. https://doi.org/10.36418/jurnalsostech.v1i8.170
  21. Yulaiha, S. Y., & Hidayat, M. T. (2021). Pemanfaatan Media Sosial Youtube dalam Meningkatkan Keterampilan Psikomotor Siswa pada Pembelajaran PJOK di Sekolah Dasar. In Jurnal Basicedu (Vol. 6, Issue 3, pp. 4558–4565). Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2882