Main Article Content

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengeksplorasi efektivitas edukasi kesehatan melalui media video animasi terhadap pengetahuan serta sikap siswa dalam pencegahan obesitas anak di sekolah dasar Islam terpadu Insan Cendekia Kota Baubau. Seluruh siswa yang terlibat menjadi bagian dari populasi sekaligus sampel penelitian sehingga data yang diperoleh bersifat menyeluruh. Instrumen utama berupa kuesioner yang dirancang untuk mengukur pengetahuan dan sikap siswa sebelum serta sesudah intervensi. Pemilihan sampel dilakukan secara purposif dengan pertimbangan karakteristik yang sesuai dengan tujuan penelitian. Hasil analisis menunjukkan adanya perbedaan mencolok antara kelompok yang mendapatkan edukasi menggunakan media video animasi dengan kelompok kontrol. Media visual yang interaktif ini terbukti mampu meningkatkan pemahaman siswa mengenai pentingnya pencegahan obesitas sejak usia dini. Selain itu, siswa juga memperlihatkan perubahan sikap yang lebih positif dalam hal kesadaran menjaga pola hidup sehat. Analisis univariat dan bivariat memperkuat bukti bahwa video animasi bukan hanya memberikan informasi, tetapi juga membangun motivasi untuk mengubah perilaku. Temuan ini menegaskan bahwa media pembelajaran berbasis teknologi dapat dijadikan strategi efektif dalam upaya promotif dan preventif kesehatan di lingkungan sekolah dasar.

Keywords

Edukasi Kesehatan Media Video Animasi Pengetahuan Sikap Siswa Pencegahan Obesitas

Article Details

How to Cite
Arbi, N. M., Togobu, D. M., & Nur, M. I. (2025). Pengaruh Edukasi Kesehatan Melalui Media Video Animasi Terhadap Pengetahuan dan Sikap Siswa Dalam Pencegahan Obesitas Pada Anak di SD IT Insan Cendekia Kota Baubau. Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton, 11(3), 716–731. https://doi.org/10.35326/pencerah.v11i3.7573

References

  1. Azhari, M. A., & Fayasari, A. (2020). Pengaruh edukasi gizi dengan media ceramah dan video animasi terhadap pengetahuan sikap dan perilaku sarapan serta konsumsi sayur buah. AcTion: Aceh Nutrition Journal, 5(1), 55-61.
  2. Azwar, S. (2013). Sikap Manusia: Teori dan Pengukurannya. In Sikap Manusia: Teori dan Pengukurannya.
  3. Benusu, T. A. S., & Soeyono, R. D. (2025). Pengaruh Pendidikan Gizi Pencegahan Obesitas Berbasis Video Animasi terhadap Tingkat Pengetahuan dan Sikap Siswa Kelas 6 SD Labschool Unesa.
  4. Dahlan, M. S. (2014). Statistik Untuk Kedokteran Dan Kesehatan Deskriptif, Bivariat dan Multivariat. Dilengkapi Alikasi Menggunakan SPSS. In Jakarta: Salemba Medika.
  5. Dewi, A., Sulrieni, I. N., & Ningsih, M. S. (2023). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kejadian Obesitas Pada Siswa MAN 1 Kota Padang. SEHATMAS: Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat, 2(1), 159–171.
  6. Fadila, A. R., & Kurniasari, R. (2022). Pengaruh Edukasi Gizi Menggunakan Media Terhadap Peningkatan Pengetahuan dalam Upaya Pencegahan Obesitas pada Remaja di MTs Al-Khairiyah. Jurnal Untuk Masyarakat Sehat (JUKMAS), 6(2), 113–119.
  7. Gili, S. S., Pramita, I., & Permadi, A. W. (2021). Hubungan Obesitas Pada Anak Terhadap Mobilitas Thorax Saat Inspirasi Di Desa Tegal Kertha, Kecamatan Denpasar Barat, Kota Denpasar, Bali. Physiotherapy Health Science (PhysioHS), 3(2), 58–66.
  8. Kemenkes RI. (2023). Survei Kesehatan Indonesia (SKI). https://www.badankebijakan.kemkes.go.id/hasil-ski-2023.
  9. Kubillawati, S., Sabaruddin, E. E., & Aprianda, N. (2022). Pengaruh Penyuluhan Kesehatan Tentang Obesitas Pada Remaja. J. Ilmu Kesehat. Dan Kebidanan, 11(1), 5–6.
  10. Mayer, R. E. (2002). Multimedia Learning. In Psychology of learning and motivation (Vol. 41, pp. 85–139). Elsevier.
  11. Nadila, B. R. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Video Edukasi “Pentas Seni” Terhadap Efektivitas Peningkatan Pengetahuan Dan Sikap Pencegahan Obesitas Pada Siswa Kelas IV dan V Sekolah Dasar. Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.
  12. Ngadiarti, I., Astuti, T., Sitompul, M., & Jauhari, A. (2021). Literasi Program Pengendalian Obesitas Anak Sekolah Dasar di Jakarta Selatan. JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 27(3), 209–217.
  13. Notoatmodjo, S. (2018). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.
  14. Notoatmodjo, S. (2019). Pengantar Ilmu Perilaku Kesehatan. In Jakarta: Rineka Cipta.
  15. Nurhaditsa, F. (2023). Pengaruh Edukasi Gizi Menggunakan Audio Visual Terhadap Pengetahuan dan Sikap Pencegahan Obesitas Pada Remaja di SMP Muhammadiyah 3 Samarinda.
  16. Ramadhanti, F. M., Sulistyowati, E., & Jaelani, M. (2022). Pengaruh edukasi gizi dengan media video motion graphics terhadap pengetahuan dan sikap tentang obesitas remaja. Jurnal Gizi, 11(1), 22-31.
  17. Santriani, G., Sumiati, S., Ningsih, L., Ismiati, I., & Darwis, D. (2021). Pengaruh Edukasi Kesehatan Melalui Media Video Animasi Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Dalam Pencegahan Obesitas Pada Anak (Doctoral dissertation, Poltekkes Kemenkes Bengkulu).
  18. Santrock, J. W. (2011). Educational Psychology. McGraw-Hill.
  19. Sarwa, A. (2021). Hubungan Riwayat Obesitas Di Usia Anak Sekolah Dengan Kejadian Diabates Melitus Tipe 2 Di Usia Dewasa Relationship History Of Obesity In School Age Children With The Event Of Type 2 Diabetes Melitus In Adults Pendahuluan Obesitas me. Jurnal Kesehatan Al-Irsyad, 14(2), 114–120.
  20. Selvia, C. (2023). Pengaruh Edukasi Gizi Menggunakan Media Video Animasi dengan Media Video Biasa Terhadap Pengetahuan dan Sikap Tentang Obesitas Pada Remaja (Studi di SMA Negeri 3 Banjarbaru). Jurnal Riset Pangan dan Gizi, 5(1), 75-89.
  21. . (2018). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: CV Alfabeta.
  22. Sweller, J. (2011). Cognitive Load Theory and E-learning. Artificial Intelligence in Education: 15th International Conference, AIED 2011, Auckland, New Zealand, June 28–July 2011 15, 5–6.
  23. WHO. (2024). Obesity and Overweight. https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/obesity-and-overweight.
  24. Zulferi, Z., Syafita, S., & Handayani, M. (2020). Analisis Pengetahuan dan Sikap Siswa SMP Pembangunan UNP Tentang Obesitas dan Overweight Dengan Penyuluhan Gizi Menggunakan Media Flipchart. Ensiklopedia of Journal, 2(4), 86–90.