Main Article Content
Abstract
Penghargaan tersebut tidak lepas dari upaya komunikasi pemasaran dan branding yang dilakukan oleh Kemenparekraf. Terdapat konsep yang disebut place branding, di mana Wonderful Indonesia diterapkan untuk melakukan branding pariwisata Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan konsep place branding pariwisata dalam upaya komunikasi pemasaran dan branding Wonderful Indonesia. Penelitian ini memanfaatkan pendekatan integrated marketing communication, branding, dan place branding. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme dengan metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan mewawancarai perwakilan dari Kemenparekraf yang terlibat dalam kegiatan komunikasi pemasaran dan branding Wonderful Indonesia. Data kemudian dikodekan dan dianalisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kemenparekraf menggunakan strategi komunikasi pemasaran, menggabungkan komponen Komunikasi Pemasaran Terpadu (IMC), dan menerapkan branding sesuai dengan konsep place branding. Hasil penelitian mengidentifikasi bahwa penerapan branding memenuhi 10 komponen Model Manajemen Merek Tempat Strategis: infrastruktur merek, manajemen pemangku kepentingan (keterlibatan), kepemimpinan merek, artikulasi, arsitektur, komunikasi, identitas, pengalaman, promosi dari mulut ke mulut, dan evaluasi. Kemenparekraf juga secara efektif menerapkan pendekatan komunikasi pemasaran terpadu (IMC) dengan memanfaatkan berbagai perangkat, seperti periklanan, promosi, sponsorship, acara pemasaran, pemasaran pengalaman, penempatan produk, konten bermerek, pengemasan, pameran dagang dan pameran, penjualan personal, pemasaran langsung, dan hubungan Masyarakat.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2025 Kartini, Hasan Sazali

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
ShareAlike — If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.
No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.

References
- Abdul Kadir. (2018). Peranan brainware dalam sistem informasi manajemen jurnal ekonomi dan manajemen sistem informasi. Sistem Informasi, 1(September), 60–69. https://doi.org/10.31933/JEMSI
- Ascharisa Mettasatya Afrilia, Y. dan A. K. R. (2021). Contextual Branding “Thoughtful Indonesia” Strategi Komunikasi Pemasaran Kontekstual Pariwisata Di Masa Pandemii Covi-19. Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(Ii), 17–34.
- Chotijah, S. J., Indiyati, D., Khusnia, H. N., & Muhlis, M. (2020). Reputasi Brand “Wonderful Indonesia” Saat Pandemi Covid-19. JCommsci - Journal Of Media and Communication Science, 3, 19–25. https://doi.org/10.29303/jcommsci.v1i1.88
- Christopher Deo, Gabriel Wira, Satria Putranto, & Dyah Cahyasari. (2023). Analisis Digital Marketing dalam Pendapatan Hotel Fame Gading Serpong. SOSMANIORA: Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 2(4), 577–582. https://doi.org/10.55123/sosmaniora.v2i4.2994
- Firdaus, F., Iqbal, S. A., & Putri, A. A. (2023). Strategi Diplomasi Digital Pemerintah Indonesia dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan Mancanegara melalui Program Wonderful Indonesia 2020-2022. Aufklarung: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Humaniora, 3(3), 207-215.
- Herlina, A. (2022). Pariwisata Digital: Transformasi Pemasaran Pariwisata Indonesia Melalui Instagram Dan Youtube Pemerintah Selama Masa Pandemi Covid-19. JURNAL IPTEKKOM Jurnal Ilmu Pengetahuan & Teknologi Informasi, 24(2), 200–215. https://doi.org/10.17933/iptekkom.24.2.2022.200-215
- Industri, A., & Kementerian, P. (n.d.). MEMPROMOSIKAN KOTA BANDUNG DESTINASI WISATA KULINER Marhanani Tri Astuti. 25–44.
- Johana, K., Setiadarma, D., Wijaya, K. D., & Johana, K. (2020). Strategi Komunikasi Pemasaran 10 Destinasi Pariwisata Prioritas “Bali Baru” di Kementrian Pariwisata Republik Indonesia. Jurnal Ekonomi dan Manajemen Sistem Informasi, 1(6), 631-648.
- Kozielski, R., Dziekoński, M., & Pogorzelski, J. (2017). Marketing Communication Ratios. Mastering Market Analytics: Business Metrics-Practice and Application, 201–311. https://doi.org/10.1108/978-1-78714-835-220171004
- Kunjungan, M., Di, W., & Banyak, P. (2019). Indones. XXVII(April), 871–883.
- Mastenbroek, E., van Voorst, S., & Meuwese, A. (2016). Closing the regulatory cycle? A meta evaluation of ex-post legislative evaluations by the European Commission. Journal of European Public Policy, 23(9), 1329-1348.
- Muniroh, N. I., Ruliana, P., & Prisanto, G. F. (2020). Model Strategi Hubungan Masyarakat dalam Meningkatkan Citra Pariwisata melalui Kampanye Wonderful Indonesia. PARAHITA : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1(2), 55–65. https://doi.org/10.25008/parahita.v1i2.50
- Mutma, F. S., & Dyanasari, R. (2025). Implementation of Tourism Place Branding Management in Indonesia through the ‘ Wonderful Indonesia ’ Campaign. 4(1), 55–75. https://doi.org/10.37535/105004120254
- Perdana, P., & Utami, A. F. (2022). Studi Komparatif Ekonomi Kreatif Di Dunia. Journal of Islamic Tourism Halal Food Islamic Traveling and Creative Economy, 2(1), 72-91.
- Prawibowo, D., & Purnamasari, O. (2018). Strategi Kementrian Pariwisata Indonesia Dalam Branding Wonderful Indonesia Melalui Media Sosial. Jurnal Persektif Komunikas, 1(3), 1–13.
- Prayitno, Y., & Fitriani, D. R. (2020). Destinasi Wisata Mandalika Dan Raja Ampat Melalui. 4, 230–244.
- Ramadhanty, R., Afrimadona, & Krisnando, G. (2019). Diplomasi Publik Indonesia Dalam Upaya Peningkatan Pariwisata Melalui Kampanye Wonderful Indonesia Era Presiden Joko Widodo Tahun. Diplomacy and International Studies, 1–12. www.indonesia.travel
- Sakti, W., Irianto, G., Widiyaningtyas, T., Afnan, M., Syah, A. I., Hadi, A. A., Fuadi, A., & Malang, U. N. (2023). Bulletin of Community Engagement. 3(2), 2019– 2024.
- Salamah, U., & Yananda, M. R. (2020). The Many Faces of Wonderful Indonesia: Tourism Brand in 16 Countries Online News Sites. Jurnal Komunikasi Indonesia, 9(1). https://doi.org/10.7454/jki.v9i1.11586
- Sarana, S. A., & Sari, V. P. (2022). Strategi Nation Branding Malaysia dalam Penggalakan Pariwisata Medis terhadap Publik Indonesia. Padjadjaran Journal of International Relations, 4(2), 179. https://doi.org/10.24198/padjir.v4i2.40092
- Satrio, M. A. (2021). Upaya Pemerintah Indonesia dalam Meningkatkan Pariwisata Mandalika melalui Kerangka Branding ‘Wonderful Indonesia’ (The Government of Indonesia’s Efforts to Improve Mandalika Tourism through the “Wonderful Indonesia” Branding Framework). Indonesian Perspective, 6(1), 65–85.
- Siska Wahyuni, & Yeni Nuraeni. (2023). Perencanaan Program Komunikasi Pariwisata Dalam Pengembangan Wisata Muslim Friendly Di Kawasan Jakarta Pusat. Jurnal Sosial Humaniora dan Pendidikan, 2(2), 10–19. https://doi.org/10.56127/jushpen.v2i2.795
- Usman, E., & Pramezwary, A. (2023). Kolaborasi Mitra Co-branding Dalam Meningkatkan Brand Equity Wonderful Indonesia. Masyarakat Pariwisata: Journal of Community Services in Tourism, 1-7.
References
Abdul Kadir. (2018). Peranan brainware dalam sistem informasi manajemen jurnal ekonomi dan manajemen sistem informasi. Sistem Informasi, 1(September), 60–69. https://doi.org/10.31933/JEMSI
Ascharisa Mettasatya Afrilia, Y. dan A. K. R. (2021). Contextual Branding “Thoughtful Indonesia” Strategi Komunikasi Pemasaran Kontekstual Pariwisata Di Masa Pandemii Covi-19. Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(Ii), 17–34.
Chotijah, S. J., Indiyati, D., Khusnia, H. N., & Muhlis, M. (2020). Reputasi Brand “Wonderful Indonesia” Saat Pandemi Covid-19. JCommsci - Journal Of Media and Communication Science, 3, 19–25. https://doi.org/10.29303/jcommsci.v1i1.88
Christopher Deo, Gabriel Wira, Satria Putranto, & Dyah Cahyasari. (2023). Analisis Digital Marketing dalam Pendapatan Hotel Fame Gading Serpong. SOSMANIORA: Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 2(4), 577–582. https://doi.org/10.55123/sosmaniora.v2i4.2994
Firdaus, F., Iqbal, S. A., & Putri, A. A. (2023). Strategi Diplomasi Digital Pemerintah Indonesia dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan Mancanegara melalui Program Wonderful Indonesia 2020-2022. Aufklarung: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Humaniora, 3(3), 207-215.
Herlina, A. (2022). Pariwisata Digital: Transformasi Pemasaran Pariwisata Indonesia Melalui Instagram Dan Youtube Pemerintah Selama Masa Pandemi Covid-19. JURNAL IPTEKKOM Jurnal Ilmu Pengetahuan & Teknologi Informasi, 24(2), 200–215. https://doi.org/10.17933/iptekkom.24.2.2022.200-215
Industri, A., & Kementerian, P. (n.d.). MEMPROMOSIKAN KOTA BANDUNG DESTINASI WISATA KULINER Marhanani Tri Astuti. 25–44.
Johana, K., Setiadarma, D., Wijaya, K. D., & Johana, K. (2020). Strategi Komunikasi Pemasaran 10 Destinasi Pariwisata Prioritas “Bali Baru” di Kementrian Pariwisata Republik Indonesia. Jurnal Ekonomi dan Manajemen Sistem Informasi, 1(6), 631-648.
Kozielski, R., Dziekoński, M., & Pogorzelski, J. (2017). Marketing Communication Ratios. Mastering Market Analytics: Business Metrics-Practice and Application, 201–311. https://doi.org/10.1108/978-1-78714-835-220171004
Kunjungan, M., Di, W., & Banyak, P. (2019). Indones. XXVII(April), 871–883.
Mastenbroek, E., van Voorst, S., & Meuwese, A. (2016). Closing the regulatory cycle? A meta evaluation of ex-post legislative evaluations by the European Commission. Journal of European Public Policy, 23(9), 1329-1348.
Muniroh, N. I., Ruliana, P., & Prisanto, G. F. (2020). Model Strategi Hubungan Masyarakat dalam Meningkatkan Citra Pariwisata melalui Kampanye Wonderful Indonesia. PARAHITA : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1(2), 55–65. https://doi.org/10.25008/parahita.v1i2.50
Mutma, F. S., & Dyanasari, R. (2025). Implementation of Tourism Place Branding Management in Indonesia through the ‘ Wonderful Indonesia ’ Campaign. 4(1), 55–75. https://doi.org/10.37535/105004120254
Perdana, P., & Utami, A. F. (2022). Studi Komparatif Ekonomi Kreatif Di Dunia. Journal of Islamic Tourism Halal Food Islamic Traveling and Creative Economy, 2(1), 72-91.
Prawibowo, D., & Purnamasari, O. (2018). Strategi Kementrian Pariwisata Indonesia Dalam Branding Wonderful Indonesia Melalui Media Sosial. Jurnal Persektif Komunikas, 1(3), 1–13.
Prayitno, Y., & Fitriani, D. R. (2020). Destinasi Wisata Mandalika Dan Raja Ampat Melalui. 4, 230–244.
Ramadhanty, R., Afrimadona, & Krisnando, G. (2019). Diplomasi Publik Indonesia Dalam Upaya Peningkatan Pariwisata Melalui Kampanye Wonderful Indonesia Era Presiden Joko Widodo Tahun. Diplomacy and International Studies, 1–12. www.indonesia.travel
Sakti, W., Irianto, G., Widiyaningtyas, T., Afnan, M., Syah, A. I., Hadi, A. A., Fuadi, A., & Malang, U. N. (2023). Bulletin of Community Engagement. 3(2), 2019– 2024.
Salamah, U., & Yananda, M. R. (2020). The Many Faces of Wonderful Indonesia: Tourism Brand in 16 Countries Online News Sites. Jurnal Komunikasi Indonesia, 9(1). https://doi.org/10.7454/jki.v9i1.11586
Sarana, S. A., & Sari, V. P. (2022). Strategi Nation Branding Malaysia dalam Penggalakan Pariwisata Medis terhadap Publik Indonesia. Padjadjaran Journal of International Relations, 4(2), 179. https://doi.org/10.24198/padjir.v4i2.40092
Satrio, M. A. (2021). Upaya Pemerintah Indonesia dalam Meningkatkan Pariwisata Mandalika melalui Kerangka Branding ‘Wonderful Indonesia’ (The Government of Indonesia’s Efforts to Improve Mandalika Tourism through the “Wonderful Indonesia” Branding Framework). Indonesian Perspective, 6(1), 65–85.
Siska Wahyuni, & Yeni Nuraeni. (2023). Perencanaan Program Komunikasi Pariwisata Dalam Pengembangan Wisata Muslim Friendly Di Kawasan Jakarta Pusat. Jurnal Sosial Humaniora dan Pendidikan, 2(2), 10–19. https://doi.org/10.56127/jushpen.v2i2.795
Usman, E., & Pramezwary, A. (2023). Kolaborasi Mitra Co-branding Dalam Meningkatkan Brand Equity Wonderful Indonesia. Masyarakat Pariwisata: Journal of Community Services in Tourism, 1-7.