Main Article Content

Abstract

Penghargaan tersebut tidak lepas dari upaya komunikasi pemasaran dan branding yang dilakukan oleh Kemenparekraf. Terdapat konsep yang disebut place branding, di mana Wonderful Indonesia diterapkan untuk melakukan branding pariwisata Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan konsep place branding pariwisata dalam upaya komunikasi pemasaran dan branding Wonderful Indonesia. Penelitian ini memanfaatkan pendekatan integrated marketing communication, branding, dan place branding. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme dengan metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan mewawancarai perwakilan dari Kemenparekraf yang terlibat dalam kegiatan komunikasi pemasaran dan branding Wonderful Indonesia. Data kemudian dikodekan dan dianalisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kemenparekraf menggunakan strategi komunikasi pemasaran, menggabungkan komponen Komunikasi Pemasaran Terpadu (IMC), dan menerapkan branding sesuai dengan konsep place branding. Hasil penelitian mengidentifikasi bahwa penerapan branding memenuhi 10 komponen Model Manajemen Merek Tempat Strategis: infrastruktur merek, manajemen pemangku kepentingan (keterlibatan), kepemimpinan merek, artikulasi, arsitektur, komunikasi, identitas, pengalaman, promosi dari mulut ke mulut, dan evaluasi. Kemenparekraf juga secara efektif menerapkan pendekatan komunikasi pemasaran terpadu (IMC) dengan memanfaatkan berbagai perangkat, seperti periklanan, promosi, sponsorship, acara pemasaran, pemasaran pengalaman, penempatan produk, konten bermerek, pengemasan, pameran dagang dan pameran, penjualan personal, pemasaran langsung, dan hubungan Masyarakat.

Keywords

Manajemen Komunikasi Branding Tujuan Wisata

Article Details

How to Cite
Kartini, & Sazali, H. (2025). Manajemen Komunikasi Branding Tujuan Wisata di Indonesia melalui Kampanye Wonderful Indonesia. Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton, 11(2), 549–565. Retrieved from https://jurnal-umbuton.ac.id/index.php/Pencerah/article/view/7321

References

  1. Abdul Kadir. (2018). Peranan brainware dalam sistem informasi manajemen jurnal ekonomi dan manajemen sistem informasi. Sistem Informasi, 1(September), 60–69. https://doi.org/10.31933/JEMSI
  2. Ascharisa Mettasatya Afrilia, Y. dan A. K. R. (2021). Contextual Branding “Thoughtful Indonesia” Strategi Komunikasi Pemasaran Kontekstual Pariwisata Di Masa Pandemii Covi-19. Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(Ii), 17–34.
  3. Chotijah, S. J., Indiyati, D., Khusnia, H. N., & Muhlis, M. (2020). Reputasi Brand “Wonderful Indonesia” Saat Pandemi Covid-19. JCommsci - Journal Of Media and Communication Science, 3, 19–25. https://doi.org/10.29303/jcommsci.v1i1.88
  4. Christopher Deo, Gabriel Wira, Satria Putranto, & Dyah Cahyasari. (2023). Analisis Digital Marketing dalam Pendapatan Hotel Fame Gading Serpong. SOSMANIORA: Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 2(4), 577–582. https://doi.org/10.55123/sosmaniora.v2i4.2994
  5. Firdaus, F., Iqbal, S. A., & Putri, A. A. (2023). Strategi Diplomasi Digital Pemerintah Indonesia dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan Mancanegara melalui Program Wonderful Indonesia 2020-2022. Aufklarung: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Humaniora, 3(3), 207-215.
  6. Herlina, A. (2022). Pariwisata Digital: Transformasi Pemasaran Pariwisata Indonesia Melalui Instagram Dan Youtube Pemerintah Selama Masa Pandemi Covid-19. JURNAL IPTEKKOM Jurnal Ilmu Pengetahuan & Teknologi Informasi, 24(2), 200–215. https://doi.org/10.17933/iptekkom.24.2.2022.200-215
  7. Industri, A., & Kementerian, P. (n.d.). MEMPROMOSIKAN KOTA BANDUNG DESTINASI WISATA KULINER Marhanani Tri Astuti. 25–44.
  8. Johana, K., Setiadarma, D., Wijaya, K. D., & Johana, K. (2020). Strategi Komunikasi Pemasaran 10 Destinasi Pariwisata Prioritas “Bali Baru” di Kementrian Pariwisata Republik Indonesia. Jurnal Ekonomi dan Manajemen Sistem Informasi, 1(6), 631-648.
  9. Kozielski, R., Dziekoński, M., & Pogorzelski, J. (2017). Marketing Communication Ratios. Mastering Market Analytics: Business Metrics-Practice and Application, 201–311. https://doi.org/10.1108/978-1-78714-835-220171004
  10. Kunjungan, M., Di, W., & Banyak, P. (2019). Indones. XXVII(April), 871–883.
  11. Mastenbroek, E., van Voorst, S., & Meuwese, A. (2016). Closing the regulatory cycle? A meta evaluation of ex-post legislative evaluations by the European Commission. Journal of European Public Policy, 23(9), 1329-1348.
  12. Muniroh, N. I., Ruliana, P., & Prisanto, G. F. (2020). Model Strategi Hubungan Masyarakat dalam Meningkatkan Citra Pariwisata melalui Kampanye Wonderful Indonesia. PARAHITA : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1(2), 55–65. https://doi.org/10.25008/parahita.v1i2.50
  13. Mutma, F. S., & Dyanasari, R. (2025). Implementation of Tourism Place Branding Management in Indonesia through the ‘ Wonderful Indonesia ’ Campaign. 4(1), 55–75. https://doi.org/10.37535/105004120254
  14. Perdana, P., & Utami, A. F. (2022). Studi Komparatif Ekonomi Kreatif Di Dunia. Journal of Islamic Tourism Halal Food Islamic Traveling and Creative Economy, 2(1), 72-91.
  15. Prawibowo, D., & Purnamasari, O. (2018). Strategi Kementrian Pariwisata Indonesia Dalam Branding Wonderful Indonesia Melalui Media Sosial. Jurnal Persektif Komunikas, 1(3), 1–13.
  16. Prayitno, Y., & Fitriani, D. R. (2020). Destinasi Wisata Mandalika Dan Raja Ampat Melalui. 4, 230–244.
  17. Ramadhanty, R., Afrimadona, & Krisnando, G. (2019). Diplomasi Publik Indonesia Dalam Upaya Peningkatan Pariwisata Melalui Kampanye Wonderful Indonesia Era Presiden Joko Widodo Tahun. Diplomacy and International Studies, 1–12. www.indonesia.travel
  18. Sakti, W., Irianto, G., Widiyaningtyas, T., Afnan, M., Syah, A. I., Hadi, A. A., Fuadi, A., & Malang, U. N. (2023). Bulletin of Community Engagement. 3(2), 2019– 2024.
  19. Salamah, U., & Yananda, M. R. (2020). The Many Faces of Wonderful Indonesia: Tourism Brand in 16 Countries Online News Sites. Jurnal Komunikasi Indonesia, 9(1). https://doi.org/10.7454/jki.v9i1.11586
  20. Sarana, S. A., & Sari, V. P. (2022). Strategi Nation Branding Malaysia dalam Penggalakan Pariwisata Medis terhadap Publik Indonesia. Padjadjaran Journal of International Relations, 4(2), 179. https://doi.org/10.24198/padjir.v4i2.40092
  21. Satrio, M. A. (2021). Upaya Pemerintah Indonesia dalam Meningkatkan Pariwisata Mandalika melalui Kerangka Branding ‘Wonderful Indonesia’ (The Government of Indonesia’s Efforts to Improve Mandalika Tourism through the “Wonderful Indonesia” Branding Framework). Indonesian Perspective, 6(1), 65–85.
  22. Siska Wahyuni, & Yeni Nuraeni. (2023). Perencanaan Program Komunikasi Pariwisata Dalam Pengembangan Wisata Muslim Friendly Di Kawasan Jakarta Pusat. Jurnal Sosial Humaniora dan Pendidikan, 2(2), 10–19. https://doi.org/10.56127/jushpen.v2i2.795
  23. Usman, E., & Pramezwary, A. (2023). Kolaborasi Mitra Co-branding Dalam Meningkatkan Brand Equity Wonderful Indonesia. Masyarakat Pariwisata: Journal of Community Services in Tourism, 1-7.