Main Article Content
Abstract
Strategi Marketing Public Relations khususnya “Three Ways Strategy” sudah menjadi kebutuhan setiap perusahaan dalam membangun brand nya, terutama dalam hal meningkatkan Brand Awareness, dan strategi ini sangat penting untuk diterapkan jika suatu perusahaan ingin produknya dikenal oleh masyarkat luas. Strategi ini sudah banyak dilakukan oleh perusahaan- perusahaan besar untuk meningkatkan Brand Awareness, maka dari itu setiap perusahaan dituntut untuk memiliki keunikan dalam hal menginformasikan, mengedukasi serta menjalin kerja sama yang baik antara perusahaan. PT. Mitra Akses Globalindo bergerak dalam bidang Internet Service Provider yang menerapkan strategi Marketing Public Relations dalam meningkatkan Brand Awareness. Tujuan diadakanya penelitian ini adalah untuk mengetahui Strategi Marketing Public Relations PT. Mitra Akses Globalindo dalam meningkatkan Brand Awareness. Penelitian ini menggunakan Teori Persuasif, Marketing Public Relations Three Ways Strategy, dan Brand Awareness. Peneliti memperoleh data dari hasil temuan melalui studi kepustakaan dan wawancara terstruktur yang dilakukan kepada dua narasumber internal, dua narasumber eksternal dan satu narasumber ahli. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan dari strategi Marketing Public Relations dalam meningkatkan Brand Awareness sudah efektif dan berhasil dalam penerapannya PT. Mitra Akses Globalindo juga menggunakan “Three Ways Strategy”. Berdasarkan hasil temuan tersebut penelitian ini diharapkan dapat menjadi suatu referensi bagi perusahaan dalam hal meningkatkan Brand Awarness.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2025 Rangga Haris Saputra, Raffiudin Akil, Salsabila Andi Akil

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
ShareAlike — If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.
No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.

References
- Adviana, C. A. (2019). Strategi Marketing Public Relations Solo Radio Fm Dalam Meningkatkan Brand Awareness Melalui Event Off Air “Happy Weekend”. Jurnal Komunika, 7(1). Diperoleh dari http://www.jurnal.usahidsolo.ac.id/index.php/JKOM/article/view/674
- Afnan, D., & Fathurrohman. (2020). Kegiatan Marketing Public Relations dalam Mempertahankan Citra Perusahaan. Jurnal Soshum Insentif, 3(1), 199, 2655-2698.
- Ali, D. S. (2017). Marketing Public Relations Diantara Penjualan Dan Pencitraan. Yogyakarta, Indonesia: CV Budi Utama.
- Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia 2022 (Windows). [n.d.]. Diperoleh pada Juli 22, 2022, dari web site https://apjii.or.id/survei
- Asnah, D. (2018). Manajemen Usaha Kecil Dan Kewirausahaan. Yogyakarta, Indonesia: CV Budi Utama.
- Astuti, D. (2017). Analisis Pengaruh Consumer Attributes, Brand Awareness Attributes, Dan Brand Image Attributes Terhadap Brand Equity Dan Keputusan Memilih Jasa Pendidikan. Jurnal Inovbiz, 5(1), 41-50, 2338-4840.
- Cholil, A. M. (2018). 101 Branding Ideas: Strategi Jitu Memenangkan Hati Konsumen. Yogyakarta, Indonesia.
- Coleman, D. (2018). Building Brand Experiences: A Practical Guide To Retaining Brand Relevance. New York, United States: Kogan Page Limited.
- Devereux, E. (2014). Understanding The Media. University of Limerick, Ireland: SAGE Publications Ltd.
- Evita, & Setyanto, Y. (2018). Strategi Marketing Public Relations Dalam Meningkatkan Jumlah Pelanggan di PT. Bach Multi Global. Jurnal Prologia Komunikasi, 2(2), 312-319, 2598-0777.
- Maryam. (2017). Strategi Marketing Public Relations dalam Meningkatkan Jumlah Tamu Hotel Pantai Marina Bengkalis. Jurnal Jom FISIP, 4(2), 3-5. Diperoleh dari https://media.neliti.com/media/publications/205929- strategi-marketing-public-relations-dala.pdf
- Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative data analysis: a methods sourcebook Third Editions. Thousand Oaks, Unites States of America: SAGE Publication, Inc.
- Nastiti, N. A., & Supranata. (2020). Strategi Marketing Public Relations Glad Coffe dalam Meningkatkan Brand Awareness. Jurnal PANTAREI, 4(2), 4-5. Diperoleh dari https://jom.fikom.budiluhur.ac.id/index.php/Pantarei/article/view/520
- Keller, L. (2013). Strategic Brand Management: Building,Measuring, and Managing Brand Equity Fourth Edition. Kendallville, United States: Pearson Education Limited.
- Kotler, P., & Keller, L., (2016). Marketing Management. Kendallville, United States: Pearson Education Limited.
- Kotler, P., Kaller, K. L., Brady, M., Goodman, M., & Hansen, T. (2019). Marketing Management (4th European Ed.). Harlow, Inggris: Pearson.
- Pongtiku, A., & Kayame, R., (2019). Metode Penelitian Tradisi Kualitatif. Bogor, Indonesia: In Media.
- Rahmawati. (2016). Manajemen Pemasaran. Samarinda, Indonesia: Mulawarman University Press.
- Rezeky, R., Toruan, M. L., & Zia, U. K. (2018). Strategi Marketing Public Relations Dinas Pariwisata Kabupaten Brebes Dalam Mempromosikan Objek Wisata Mangrove Pandansari. Jurnal Ilmu Komunikasi, 17(2), 225-234, 2598-7402.
- Riyanto, A. D. (2022). Hootsuite (We are Social): Indonesian Digital Report 2022. Diperoleh dari https://andi.link/hootsuite-we-are-social- indonesian-digital-report-2022/
- Ruslan, R. (2017). Manajemen Public Relations Dan Media Komunikasi: Konsep Dan Aplikasi. Depok, Indonesia: PT Rajagrafindo Persada.
- Sartika, R. (2021). Strategi Marketing Public Relations Scarf Megazine Dalam Meningkatkan Brand Awareness. Jurnal Public Relations, 2(1), 72-76, 2774- 7670.
- Sidiq, U., & Choiri, M. M. (2019). Metode Penelitian kualitatif di Bidang Pendidikan. Ponorogo, Indonesia: CV. Nata karya.
- Sihombing, R. B., Hendrawan, H., & Mujianto, H. (2017). Grand Launching Nerv Lab Sebagai Strategi Marketing Public Relations Pada Nerv Store. Jurnal Komunikasi, 3(2), 87-101, 2461-0836.
- Sihotang, R. P., & Dewi, L. D. (2021). Strategi Marketing Public Relations GreatEdu dalam Meningkatkan Brand Awareness. Jurnal PANTERI, 5(2). Diperoleh dari https://jom.fikom.budiluhur.ac.id/index.php/Pantarei/article/view/710
- Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif, Dan R&D. Bandung, Indonesia: Alfabeta.
- Suryanto. (2015). Pengantar Ilmu Komunikasi. Bandung, Indonesia: CV Pustaka Setia.
- Tjiptono, F. (2011). Seri Manajemen Merek 01 - Manajemen & Strategi Merek. Yogyakarta, Indonesia: C.V Andi Offset.
- Tri, A. Jumlah Pengguna Internet Indonesia Tembus 210 Juta. Diperoleh pada Juli 22, 2022 dari https://inet.detik.com/telecommunication/d- 6119064/jumlah-pengguna-internet-indonesia-tembus-210-juta
References
Adviana, C. A. (2019). Strategi Marketing Public Relations Solo Radio Fm Dalam Meningkatkan Brand Awareness Melalui Event Off Air “Happy Weekend”. Jurnal Komunika, 7(1). Diperoleh dari http://www.jurnal.usahidsolo.ac.id/index.php/JKOM/article/view/674
Afnan, D., & Fathurrohman. (2020). Kegiatan Marketing Public Relations dalam Mempertahankan Citra Perusahaan. Jurnal Soshum Insentif, 3(1), 199, 2655-2698.
Ali, D. S. (2017). Marketing Public Relations Diantara Penjualan Dan Pencitraan. Yogyakarta, Indonesia: CV Budi Utama.
Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia 2022 (Windows). [n.d.]. Diperoleh pada Juli 22, 2022, dari web site https://apjii.or.id/survei
Asnah, D. (2018). Manajemen Usaha Kecil Dan Kewirausahaan. Yogyakarta, Indonesia: CV Budi Utama.
Astuti, D. (2017). Analisis Pengaruh Consumer Attributes, Brand Awareness Attributes, Dan Brand Image Attributes Terhadap Brand Equity Dan Keputusan Memilih Jasa Pendidikan. Jurnal Inovbiz, 5(1), 41-50, 2338-4840.
Cholil, A. M. (2018). 101 Branding Ideas: Strategi Jitu Memenangkan Hati Konsumen. Yogyakarta, Indonesia.
Coleman, D. (2018). Building Brand Experiences: A Practical Guide To Retaining Brand Relevance. New York, United States: Kogan Page Limited.
Devereux, E. (2014). Understanding The Media. University of Limerick, Ireland: SAGE Publications Ltd.
Evita, & Setyanto, Y. (2018). Strategi Marketing Public Relations Dalam Meningkatkan Jumlah Pelanggan di PT. Bach Multi Global. Jurnal Prologia Komunikasi, 2(2), 312-319, 2598-0777.
Maryam. (2017). Strategi Marketing Public Relations dalam Meningkatkan Jumlah Tamu Hotel Pantai Marina Bengkalis. Jurnal Jom FISIP, 4(2), 3-5. Diperoleh dari https://media.neliti.com/media/publications/205929- strategi-marketing-public-relations-dala.pdf
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative data analysis: a methods sourcebook Third Editions. Thousand Oaks, Unites States of America: SAGE Publication, Inc.
Nastiti, N. A., & Supranata. (2020). Strategi Marketing Public Relations Glad Coffe dalam Meningkatkan Brand Awareness. Jurnal PANTAREI, 4(2), 4-5. Diperoleh dari https://jom.fikom.budiluhur.ac.id/index.php/Pantarei/article/view/520
Keller, L. (2013). Strategic Brand Management: Building,Measuring, and Managing Brand Equity Fourth Edition. Kendallville, United States: Pearson Education Limited.
Kotler, P., & Keller, L., (2016). Marketing Management. Kendallville, United States: Pearson Education Limited.
Kotler, P., Kaller, K. L., Brady, M., Goodman, M., & Hansen, T. (2019). Marketing Management (4th European Ed.). Harlow, Inggris: Pearson.
Pongtiku, A., & Kayame, R., (2019). Metode Penelitian Tradisi Kualitatif. Bogor, Indonesia: In Media.
Rahmawati. (2016). Manajemen Pemasaran. Samarinda, Indonesia: Mulawarman University Press.
Rezeky, R., Toruan, M. L., & Zia, U. K. (2018). Strategi Marketing Public Relations Dinas Pariwisata Kabupaten Brebes Dalam Mempromosikan Objek Wisata Mangrove Pandansari. Jurnal Ilmu Komunikasi, 17(2), 225-234, 2598-7402.
Riyanto, A. D. (2022). Hootsuite (We are Social): Indonesian Digital Report 2022. Diperoleh dari https://andi.link/hootsuite-we-are-social- indonesian-digital-report-2022/
Ruslan, R. (2017). Manajemen Public Relations Dan Media Komunikasi: Konsep Dan Aplikasi. Depok, Indonesia: PT Rajagrafindo Persada.
Sartika, R. (2021). Strategi Marketing Public Relations Scarf Megazine Dalam Meningkatkan Brand Awareness. Jurnal Public Relations, 2(1), 72-76, 2774- 7670.
Sidiq, U., & Choiri, M. M. (2019). Metode Penelitian kualitatif di Bidang Pendidikan. Ponorogo, Indonesia: CV. Nata karya.
Sihombing, R. B., Hendrawan, H., & Mujianto, H. (2017). Grand Launching Nerv Lab Sebagai Strategi Marketing Public Relations Pada Nerv Store. Jurnal Komunikasi, 3(2), 87-101, 2461-0836.
Sihotang, R. P., & Dewi, L. D. (2021). Strategi Marketing Public Relations GreatEdu dalam Meningkatkan Brand Awareness. Jurnal PANTERI, 5(2). Diperoleh dari https://jom.fikom.budiluhur.ac.id/index.php/Pantarei/article/view/710
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif, Dan R&D. Bandung, Indonesia: Alfabeta.
Suryanto. (2015). Pengantar Ilmu Komunikasi. Bandung, Indonesia: CV Pustaka Setia.
Tjiptono, F. (2011). Seri Manajemen Merek 01 - Manajemen & Strategi Merek. Yogyakarta, Indonesia: C.V Andi Offset.
Tri, A. Jumlah Pengguna Internet Indonesia Tembus 210 Juta. Diperoleh pada Juli 22, 2022 dari https://inet.detik.com/telecommunication/d- 6119064/jumlah-pengguna-internet-indonesia-tembus-210-juta