Main Article Content

Abstract

Penelitian ini menganalisis pangsa pasar produk sabun cuci atau detergent dengan menggunakan metode analisis rantai Markov. Penelitian ini menggunakan metode analisis rantai Markov untuk mengevaluasi pangsa pasar produk sabun cuci atau deterjen dari empat merek utama: Rinso, SoKlin, Attack, dan Bukrim. Setiap merek memiliki keunggulan kompetitif yang berbeda, mulai dari inovasi produk, harga, hingga strategi promosi. Namun, persaingan yang semakin ketat menyebabkan pergeseran preferensi konsumen, sehingga diperlukan analisis yang dapat memprediksi dan memetakan perubahan pangsa pasar secara dinamis. Dengan pendekatan Markov, penelitian ini mampu menggambarkan pola perpindahan konsumen antar-merek, memberikan wawasan tentang kekuatan dan kelemahan setiap merek di pasar. Hasil analisis menunjukkan bahwa dalam kondisi pasar yang stabil, Attack berhasil menjadi market leader dengan pangsa pasar 32,4%, diikuti Rinso sebagai market challenger dengan 26,8%. Bukrim berada pada posisi market follower dengan 23,9%, sementara SoKlin menempati posisi market nitcher dengan 16,6%. Temuan ini memberikan panduan strategis bagi setiap merek dalam menentukan arah pemasaran mereka, seperti memperkuat keunggulan kompetitif, mempertahankan pelanggan setia, atau menarik konsumen dari merek lain. Analisis ini juga membantu memahami dinamika pasar, khususnya pola perpindahan konsumen, yang dapat dimanfaatkan untuk mengantisipasi perubahan tren dan kebutuhan pasar di masa depan.

Keywords

Strategi Pemasaran Metode Rantai Markov Konsumen

Article Details

How to Cite
Egista, A. P. (2024). Analisa Pasar dan Strategi Pemasaran Produk Berdasarkan Perilaku Konsumen dengan Menggunakan Metode Rantai Markov pada Konsumen Deterjen di Surabaya Selatan. Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton, 10(4), 1131–1141. https://doi.org/10.35326/pencerah.v10i4.6372

References

  1. Aaker, D. A. (2011). Managing Brand Equity: Capitalizing on the Value of a Brand Name. New York: Free Press.
  2. Agustina, F., & Novianti, T. (2022). Penerapan Rantai Markov Pada Pola Perpindahan Pembelian di Produk Songkok. Metris: Jurnal Sains dan Teknologi, 23(02), 82-90.
  3. Arianty, N. (2013). Analisis Perbedaan Pasar Modern Dan Pasar Tradisional Ditinjau Dari Strategi Tata Letak (Lay Out) Dan Kualitas Pelayanan Untuk Meningkatkan Posisi Tawar Pasar Tradisional. Jurnal Manajemen & Bisnis, 13(01), 18–29.
  4. Azizah, A. N., & Sari, R. P. (2021). Analisis Brand Switching dan Penentuan Strategi Pemasaran Produk Bubble Tea Menggunakan Metode Markov Chain dan Game Theory. Jurnal Optimalisasi, 7(1), 25-34.
  5. Basalamah, M. R., & Prabowo, R. (2021). Analisa Pengaruh Mix Marketing Dan Impulse Buying Untuk Peningkatan Penjualan Dengan Variabel Moment of Truth Sebagai Intervening (Studi Kasus : UD . Sofi Garment Surabaya) InstitutTeknologi Adhi Tama Surabaya ,pp. 177–185.
  6. Djan, I. (2006). Pola Perpindahan Penggunaan Merek Handphone Di Kalangan Mahasiswa (Studi Kasus Pada Mahasiswa STIE Binaniaga). 02(1), 1–13.
  7. Herispon, H. (2022). Investigasi Penggunaan Merek Handphone Di Provinsi Riau (Pendekatan Rantai Markov). Eko Dan Bisnis, 13(3), 255-269.
  8. Jatipaningrum, M. T. (2016). Peramalan Data Produk Domestik Bruto dengan Fuzzy Time Series Markov Chain. Jurnal Teknologi, 9(1), 31–38.
  9. Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th Edition). Upper Saddle River, NJ: Pearson Prentice Hall.
  10. Maria Nindy Alif Jodinesa. (2013). Markov Chain Dan Analisis Tekno Ekonomi Untuk Identifikasi Komersialisasi Teknologi Konversi Sepeda Motor Listrik Roda Dua Di Solo. 37–71.
  11. Nasution, A. E., Putri, L. P., & Lesmana, M. T. (2019). Analisis Pengaruh Harga, Promosi, Kepercayaan dan Karakteristik Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada 212 Mart di Kota Medan. Proseding Seminar Nasional Kewirausahaan, 1(1), 194–199.
  12. Nurhidayati, R., Isroyati, I., Jayadi, H., Khoiruddin, H., Zikrullah, M. P. I., & Suak, R. M. (2023). Analisis Loyalitas Konsumen Dalam Pembelian Produk Air Mineral Kemasan Botol Menggunakan Metode Rantai Markov. Jurnal Pariwisata Bisnis Digital dan Manajemen, 2(1), 22-29.
  13. Panjaitan, M., Haryanto, D., & Nasyubun, M. (2021). Bermotor Menggunakan Pendekatan Rantai Markov ( Studi Pada PT. Asuransi Central Asia Cabang Cikini ). 8(2), 1–11.
  14. Payne, A., Frow, P., & Eggert, A. (2017). Value Proposition Design: How to Create Products and Services Customers Want. Hoboken, NJ: John Wiley & Sons.
  15. Phasa, A. S., & Astuti, Y. P. (2021). Analisis Perilaku Brand Switching Dengan Metode Rantai Markov. MATHunesa: Jurnal Ilmiah Matematika, 9(1), 212-219.
  16. Porter, M. E. (1985). Competitive Advantage: Creating and Sustaining Superior Performance. New York: Free Press.
  17. Rosyidi, C. N., Indah, F., & Budijanto, M. (2015). Pemilihan Strategi Pemasaran dan Prediksi Pangsa Pasar Produk Pakaian Batik Menggunakan Rantai Markov (Studi Kasus: Toko Putra Bengawan Kampung Batik Laweyan Solo). Performa: Media Ilmiah Teknik Industri, 14(2).
  18. Schiffman, L. G., & Kanuk, L. L. (2010). Consumer Behavior (10th Edition). Upper Saddle River, NJ: Pearson Prentice Hall.
  19. Stighfarrinata, R., & Prabowo, R. (2021). Integrasi Pendekatan Markov Chain untuk Menyusun RKAT ( Rencana Kegiatan dan Anggaran Tahunan ) yang Efisien, Fakultas Teknologi Industri , Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya. 105–111.
  20. Sudhana, P., Lukmandono, L., & Prabowo, R. (2019). Pengaruh Marketing Mix Terhadap Impulse Buying Dengan Niche Market Sebagai Moderasi Pada Industri Jasa Pendidikan.
  21. Supriatna, I. iriani, Ashar, & Amri, I. (2013). Analisa Pangsa Pasar Produk Air Mineral Dalam Kemasan 240 ML di Kelurahan Klawuyuk Kota Sorong Dengan Metode Markov Chain.
  22. Susdarwono, E. T. (2021). Rantai Markov dalam Penentuan Market Share dan Equilibrium: Studi Kasus Pedagang Cilok di Alun-Alun Kabupaten Pemalang. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 4(1), 1.