Main Article Content

Abstract

IMM merupakan ORTOM dari Muhammadiyah khusus sebagai wadah mahasiswa. Penelitian ini bertujaun untuk melihat sejauh mana peran IMM dengan barbagai kegiatannya seperti (Darul Arqam Dasar) DAD dapat membentuk perilaku keagamaan di UMMUBA. Penelitian ini bertujuan mengetahui kontribusi Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) dalam membentuk perilaku keagamaan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Muara Bungo. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan sumber data premier yang diambil melalui  kuesioner kepada Anggota IMM yag telah mengikuti DAD sebanyak 27 orang. Kuisioner berupa angket dengan 8 (delapan) pertanyaan dengan skala linkert. Hasil dari penelitian ini mengunggkapkan ada kiontribusi dari IMM dalam membentuk perilaku keagamaan dalam bentuk DAD, kajian keIslaman serta dari Impelentasi mata Kuliah Al Islam Kemuhammadiyahan. Melalui pegkaderan DAD IMM dan kajian kajian keislaman yang dilakukan dapat menjadi acuan serta implementasi dari kader IMM dalam perilaku keseharian baik itu didalam kampus maupu di luar kampus. kader-kader atau tenaga penggerak yang berkemampuan dan memiliki integritas yang kuat dalam mengemban misi Gerakan Muhammadiyah, sehingga diharapkan terjadi perubahan perilaku beragama dalam diri kader seusai mengikuti pengkaderan dan kajian keislaman sertaa memahami visi dan misi perjuangan Muhammadiyah.

Keywords

IMM Mahasiswa Pengkaderan Perilaku Keagamaan

Article Details

How to Cite
Hidayat, H., Febrina Agustin, R., & Azzahra, C. (2024). Kontribusi Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) dalam Membentuk Perilaku Keagamaan Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Muara Bungo. Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton, 10(3), 670–681. https://doi.org/10.35326/pencerah.v10i3.5985

References

  1. Anwar, R. N., & Muhayati, S. (2021). Upaya membangun sikap moderasi beragama melalui pendidikan agama islam pada mahasiswa perguruan tinggi umum. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 12(1), 1-15.
  2. Cahyono, H. (2019). Peran Mahasiswa di Masyarakat. Jurnal Pengabdian Masyarakat Setiabudhi, 1(1), 32–43
  3. Febrianto, Syaiful Eko. 2021. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepemimpinan Dan Kerjasama.” JMPIS, Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial 2(2):598–609.
  4. Harahap, A. F. H., Monang, S., & Muchsin, K. (2021). Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) dan Peranannya dalam Mewarnai Tradisi Intelektual Mahasiswa di Kota Medan. Warisan: Journal of History and Cultural Heritage, 2(2), 62-68.
  5. Herdiansyah, Haris. (2010) Metodologi penelitian Kulaitatif untuk Ilmu-ilmu Sosial. Jakarta: Salemba Humanika
  6. Ichsan, R. N., Sinaga, S., Panggabean, N. R., & Nst, V. F. H. (2022). Sosialisasi Pemberdayaan Generasi Milenial Terhadap Perkoperasian Di Era Industri 4.0 Pada Mahasiswa Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia. Jurnal PKM Hablum Minannas, 1(2), 1-11.
  7. Kamhar, M. Y., & Lestari, E. (2019). Pemanfaat sosial media youtube sebagai media pembelajaran bahasa Indonesia di perguruan tinggi. Inteligensi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(2), 1-7.
  8. Kom, A. M. (2020). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Pembelajaran pada Mahasiswa Perguruan Tinggi di Sumsel. Jurnal Digital Teknologi Informasi, 1(2), 64-70.
  9. Malik, V. S. H., & Arif, D. B. (2020). Peranan organisasi Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Cabang Djazman Al Kindi Kota Yogyakarta Dalam Penguatan Keterampilan Berpartisipasi Kader. Jurnal Citizenship: Media Publikasi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 3(2), 79-86.
  10. Merlina, M., & Nuraini, A. (2020). Analisis Persepsi Dosen Akuntansi Dan Mahasiswa Akuntansi Mengenai Peranan Akuntan Di Era Revolusi Industri 4.0. JAS-PT (Jurnal Analisis Sistem Pendidikan Tinggi Indonesia), 4(2), 149-162.
  11. Muliani, A., Karimah, F. M., Liana, M. A., Pramudita, S. A. E., Riza, M. K., & Indramayu, A. (2021). Pentingnya peran literasi digital bagi mahasiswa di era revolusi industri 4.0 untuk kemajuan Indonesia. Journal of Education and Technology, 1(2), 87-92.
  12. Pratama, Y. A., Rumangkit, S., Darmawan, A., & Mousadecq, A. (2023). Faktor Yang Mempengaruhi Calon Mahasiswa Dalam Memilih Perguruan Tinggi Di Provinsi Lampung. Jurnal Humanipreneur, 2(2), 1-9.
  13. Pribadi, Imam. 2016. “Dalam Membentuk Perilaku Beragama Mahasiswa Di Perguruan Tinggi Muhammadiyah.” Jurnal Voice Of Midwifery 05(07):39–54.
  14. Pragholapati, A., & Ulfitri, W. (2019). Gambaran Mekanisme Coping pada Mahasiswa Program Studi Sarjana Keperawatan Tingkat IV yang Sedang Menghadapi Tugas Akhir di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan X Bandung. Humanitas (Jurnal Psikologi), 3(2), 115-126.
  15. Risman, K., Rahim, A., & Salsabila, N. (2022). Internalisasi Nilai-Nilai Tauhid Pada Mahasiswa Melalui Perkaderan Darul Arqam Dasar (DAD) Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah. J-MAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 167-174.
  16. Rosita, N. A. (2019). Peranan Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah dalam Membentuk karakter Islami Mahasiswa. PAI.UMP.
  17. Sari, N., & Arif, D. B. (2020). Membangun kepemimpinan profetik kader ikatan mahasiswa Muhammadiyah. CIVIS: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial dan Pendidikan Kewarganegaraan, 9(1).
  18. Sukmawati, A., & Rafni, A. (2020). Peran Organisasi Kepemudaan Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah dalam Melaksanakan Pendidikan Politik Bagi Pemuda di Kota Padang. Journal of Civic Education, 3(2), 191-199.
  19. Widjanarko, W., Lusiana, Y., Mufrida, F., & Robani, M. E. (2021). Peran mahasiswa sebagai penggerak literasi bahasa dalam program kampus mengajar di sd negeri 02 longkeyang, kabupaten pemalang, provinsi jawa tengah. In Prosiding Seminar Nasional Bahasa, Sastra, Dan Seni (Vol. 1, pp. 237-241).
  20. Yusnan, M., Kamasiah, K., Karim, K., & Iye, R. (2023). Pengembangan Materi Kepemimpinan dan Keorganisasian pada Kegiatan Darul Arqam Dasar Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Kota Baubau. Sejahtera: Jurnal Inspirasi Mengabdi Untuk Negeri, 2(1), 87-94.
  21. Zabir, M. (2017). Manajemen pendistribusian zakat melalui program unggulan beasiswa oleh baitul mal aceh. Al-Idarah: Jurnal Manajemen Dan Administrasi Islam, 1(1), 131.