Main Article Content

Abstract

Fenomena yang ditemukan awal observasi di SMP Satu Atap Negeri 21 Buton Tengah khusus nya kelas VII, saat pembelajaran berlangsung guru hanya menjelaskan materi pelajaran dan tidak menggunakan alat bantu berupa media sehingga presepsi peserta didik tentang materi tersebut berbeda-beda oleh karena itu, penulis mengadakan penelitian dengan judul “Penggunaan Media Gambar untuk meningkatkan Pemahaman Peserta Didik Tentang Materi Shalat pada Kelas VII SMP Satu Atap Negeri 21 Buton Tengah”. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan komunikasi. Data yang di peroleh dari tindakan yang dilakukan dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif untuk memastikan bahwa dengan mengaplisasikan media gambar dapat meningkatkan pemahaman peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian penggunaan media gambar dapat meningkatkan pemahaman peserta didik pada materi shalat di SMP Satu Atap Negeri 21 Buton Tengah Kec.Mawasangka Hasil tes praktek shalat dan tugas peserta didik yang diperoleh pada siklus I dengan ketentuan belajar klasikal sebesar 33.33%, sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan dengan ketentuan belajar secara klasikal sebesar 91,66%.

Keywords

Image Media Prayer Material Student Improvement

Article Details

How to Cite
Ridwan, M., & Iksan, M. (2024). Penggunaan Media Gambar untuk Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik Tentang Materi Shalat pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton, 10(1), 136–148. https://doi.org/10.35326/pencerah.v10i1.4860

References

  1. Agus Suprijono. 2009. Cooperative Learning Teori Dan Aplikasi PAIKEM, Yogyakarta: Pustaka Belajar.
  2. Arief S. Sadiman. 2010. Media Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo.
  3. Asy’ari, Sapari Imam. 2003. Metodologi Penelitian Sosial, Surabaya: Usaha Nasional.
  4. Azhar Arsyad. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
  5. Departemen Agama RI. 1997. Al-Qur’an dan Terjemahanya. Semarang: Balai Pustaka.
  6. Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
  7. Karim, K., Yusnan, M., Farisatma, F., Krisnawati, K., & Kamasiah, K. (2023). Improving Text Reading Comprehension Using Picture Story Media in Indonesian Language Learning for Elementary School Students. AIQU: Journal Multidiscipliner of Science, 1(1), 19-28.
  8. Kunandar. 2011. Guru Profesional. Jakarta: PT Raja Grafindo.
  9. Lubis, T. C., & Mavianti, M. (2022). Penerapan Media Audio Visual Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam Pada Anak. Jurnal Raudhah, 10(2).
  10. Muhammad Thobroni dan Arif Mustofa. 2013. Belajar dan Pembelajran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
  11. Nana Sudjana. 2004. Penelitian Hasil Proses Belajar dan Belajar. Bandung : Remaja Rosdakarya.
  12. Ritonga, S. H. (2017). Peningkatan Pemahaman Pembelajaran Pai Materi Shalat Melalui Media Gambar Kelas Iv Sd Negeri 0713 Pir Trans Sosa Ia Tahun 2016. Al-Muaddib: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan Keislaman, 2(1).
  13. Rosyida, V. N. (2014). Penerapan media gambar dalam peningkatan keterampilan ibadah shalat wajib siswa kelas vii di MTS Sumber Mas, Rombiya Barat Kabupaten Sumenep (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).
  14. Roziqin, M. K., & Khanif, M. F. (2022). Pengembangan Modul Bergambar untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Jenazah di Kelas VI. CENDEKIA, 14(01), 96-105.
  15. S. Nasution. 2014. Metode Reserch Penelitian Ilmiah. Jakarta: Pt Bumi Aksara.
  16. Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kombinasi Mixes Methods. Bandung: Alfabeta.
  17. Suharsimi Arikunto. 2007. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
  18. Sukardi, Dewa I ketut. 2000. Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah, Jakarta: Rineka Cipta.
  19. Sulistiani, I. (2019). Peningkatan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan Media Gambar Di MIS Nurul Ulum Sukaraya Kecamatan Bone-Bone. Jurnal Konsepsi, 8(3), 94-107.
  20. Syah, Muhibbin. 1995. Psikologi Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya.
  21. Tholkhah, Imam. 2004. Membuka Jendela Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo, Cet I.
  22. Usman, M. 2002. Basyirudin, Metodologi Pembelajaran Agama Islam, Jakarta: Ciputat Perss, cet.I.
  23. Wahid, S. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Media Gambar Pada Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti di Kelas III SDN 181 Bengkulu Utara. GUAU: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 2(9), 213-220.
  24. Wardani, I GAK, et. al., 2000. Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Depdiknas.