Main Article Content

Abstract

Persaingan bisnis di industri pendidikan tinggi khususnya perguruan tinggi swasta menuntut dilakukannya strategi pemasaran yang tepat untuk menarik minat calon mahasiswa baru masuk ke perguruan tinggi tersebut. Berdasarkan riset terdahulu, penulis mendapatkan bahwa ada pengaruh posotif dan kuat dari citra merek dan word of mouth terhadap keinginan calon mahasiswa memilih suatu perguruan tinggi swasta. Tujuan dari riset ini ialah menyelidiki bagaimana pengaruhnya citra merek dan rekomendari dari mulut ke mulut pada keputusan pembelian, dengan penekanan khusus pada peran moderasi dalam pemasaran sosial media. Pada penelitian ini, pendekatan kuantitatif explanatory causal digunakan. Mahasiswa Universitas Kristen Maranatha Bandung Angkatan 2022 adalah subjek studi ini. Data primer dikumpulkan dengan menyebarkan kuesioner kepada 196 responden melalui Google Forms. Analisis regresi moderat digunakan untuk mengumpulkan data. Penelitian ini menunjukkan bahwa pemasaran sosial media dapat berfungsi sebagai faktor moderasi yang dapat meningkatkan hubungan antara citra merek dan rekomendasi dari mulut ke mulut dengan keputusan pembelian konsumen. Diharapkan penelitian ini akan meningkatkan pemahaman kita tentang cara-cara pemasaran perguruan tinggi swasta dalam lingkungan persaingan yang ketat, khususnya tentang cara menarik perhatian siswa melalui platform sosial.

Keywords

Social Media Marketing Brand Image Word of Mouth

Article Details

How to Cite
Kuswoyo, C., Lu, C., Abednego, F., & Hasanah, R. N. (2024). Social Media Marketing Memoderasi Brand Image dan Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian. Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton, 10(1), 29–41. https://doi.org/10.35326/pencerah.v10i1.4783

References

  1. Adiwidjaja A.J dan Zeplin, Tarigan Z.J.H. (2017). Pengaruh Brand Image dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Converse. Jurnal Agora, vol. 5(3).
  2. Ariadi, S. dan Saino. (2014). Pengaruh Media Sosial Twitter Terhadap Loyalitas Merek Indosat IM3. Jurnal Ilmu Manajemen Vol. 2 (4).
  3. Babin, Barry, 2015. Modelling Consumer Satisfaction and Word Of Mouth: Restaurant Patronage In Korea, The Journal Of Service Marketing. Vol 19 No.3 hal 133 – 139
  4. Djajalaksana, Y.M. (2021), Cuan via Media Sosial Untuk Pemula. Jawa Tengah: Penerbit Yayasan Lembaga Gumun.
  5. Eva, Rizka Ammalia dan Weni, AA, 2014, Pengaruh Brand Equity dan Reputasi Korporat terhadap Minat Mahasiswa Baru Universitas Singaperbangsa Karawang, Jurnal Ilmiah Solusi, Vol. 1(3).
  6. Ghozali. (2021). Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program SPSS (Analysis multivariate application with SPSS program). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro
  7. Gunelius, Susan. (2010). 30 Minute Social Media Marketing. United States : McGraw Hill.
  8. Hafilah, E. (2015). Pengaruh Word of Mouth (WOM) dan Citra Merek Terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih Program Strata 1 (S-1) di Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang Skripsi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
  9. Hanafi, M. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Facebook Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa FISIP Universitas Riau. Jurnal Online Mahasiswa FISIP, Vol. 3 (2).
  10. Handayani, Tati, Dwi, M Bernadin, dan Triwahyuningtyas, Nunuk. (2013). Analisis Perceptual Mapping Perguruan Tinggi Swasta di Jakarta Selatan. Journal & Proceeding Universitas Jenderal Soedirman, Vol. 3(1).
  11. Juliana dan Johan. (2019). Pengaruh brand image terhadap keputusan memilih universitas dengan brand trust sebagai variabel intervening. Journal of Business and Banking. Vol. 9 (2).
  12. Joesyiana,K. (2018). Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Media Online Shop Shopee Di Pekanbaru. Jurnal Valuta, Vol. 4 (1).
  13. Kotler & Keller. (2014). Marketing Management, 15th ed. New Jersey:Prentice Hall Internasional Inc.
  14. Nurdin, N., Muhajid., Muin, S.A. (2020). Peran Advertising Strategy, Brand Image, dan Differentiation Terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih Perguruan Tinggi Swasta di Kota Makassar. Jurnal Manajeman dan Organisasi Review (MANOR), Vol. 2 (1).
  15. Prajaksa, Tegar. 2016. Kitab Pesugihan 17 Rahasia Bisnis Dijamin Laris. Yogyakarta: Pustaka Ilmu.
  16. Priyanto, S.E. (2014). Pengaruh Word of Mouth Terhadap Keputusan Siswa Memilih Perguruan Tinggi: Kasus Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarukmo Yogyakarta. Jurnal Kepariwisataan, Vol. 8 (2)
  17. Sola, H.M dan Zia, T. (2021), Social Media And Students’ Choice of Higher Education Institution. European Journal of Management and Marketing Studies, Vol. 6 (4).
  18. Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.
  19. Yuliani, Shinta, P. (2012). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepuasan Konsumen, dan Experiental Marketing Terhadap Word of Mouth. Skripsi Universitas Indonesia.