Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh terhadap sikap belajar menulis dan keterampilan menulis eksplanasi siswa kelas VI SD Gugus Lea-Lea Kota Baubau dengan menggunakan teknik proses berbantuan media kartu bergambar rangkaian. Penelitian ini bersifat kuantitatif dan menggunakan pendekatan eksperimen semu (Quasi Eksperimental). Tiga langkah yang digunakan dalam pendekatan analisis data penelitian ini: (3) Analisis Statistik Inferensial; 2) Analisis Statistik Deskriptif; dan 1) Tes Kemampuan Menulis Eksplanasi Siswa. Berdasarkan hasil penelitian, siswa kelas VI SD Gugus Lea-Lea mempunyai nilai rata-rata siswa sebelum pembelajaran sebesar 81, namun setelah pembelajaran nilai rata-rata tersebut naik menjadi 86 dengan nilai rata-rata N-Gain sebesar 0,27. Hal ini menunjukkan bahwa sikap siswa terhadap pembelajaran menulis tidak diubah oleh pengajaran pada kelompok kontrol. Sebelum diberikan pembelajaran, siswa pada kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata sebesar 83. Setelah penerapan metode proses dengan memanfaatkan beberapa media visual, nilai rata-rata meningkat menjadi 93, dengan nilai rata-rata N-Gain sebesar 0,51. Dengan demikian, jika siswa kelas VI SD Gugus Lea-Lea menerapkan pendekatan proses dalam pembelajaran dengan berbantuan media visual serial, maka mereka akan mampu menghasilkan teks eksplanasi yang lebih banyak.

Keywords

Pendekatan Proses Media Pembelajaran Menulis

Article Details

How to Cite
Juharmin, J., Sulfasyah, S., & Akhier, M. (2023). Pengaruh Pendekatan Proses Berbantuan Media Kartu Gambar Seri terhadap Sikap pada Pelajaran Menulis dan Kemampuan Menulis Eksplanasi Siswa Sekolah Dasar Kota Baubau. Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton, 9(4), 1074–1087. https://doi.org/10.35326/pencerah.v9i4.4587

References

  1. Abidin, Yunus. 2012. Pembelajaran Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung. Refika Aditama.
  2. Akhadiah, dkk. 2005. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.
  3. Aprinawati, Iis. 2017. Penggunaan Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 1(1) Hal. 71-80.
  4. Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pres. Rahayu
  5. Azwar, S. (2005). Sikap Manusia : Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta : Pustaka Pelajar
  6. Barwick, J. (2007). Targetting Text: Photocopiable Unit Based on English Text Types: Information Reports, Explanations, Discussion: Upper Level. Australia: Blake Education.
  7. Dadan Setiawan, Wahyu Sopandi, Tata Hartati. 2019. Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi dan Penguasaan Konsep Siswa Sekolah Dasar Melalui Implementasi Model Pembelajaran RADEC. Premiere Educandum:Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran Vol. 9 (2) Hal. 130-140.
  8. Djaali. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
  9. Hall, Graham. 2016. Method, methods and methodology: historical trends and current debates. In: The Routledge Handbook of English Language Teaching. London. Taylor & Francis.
  10. Heryana, Deden. 2015. Lensa Pendas. Pengaruh Pendekatan Proses Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Isi Dongeng di kelas V Sekolah Dasar, 1 (1) hlm. 5.
  11. Indriana, Dina. 2011. Ragam Alat Bantu Media Pengajaran. Yogjakarta: DIVA Press.
  12. Joyce, B., Marsha Weil., Emily Calhoun. 2011. Models of Teaching. Edisi Kedelapan. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.
  13. Kamasiah, K., Muslim, M., & Yusnan, M. (2023). Identifikasi Kesulitan Membaca Permulaan Pada Siswa Sekolah Dasar. JEC (Jurnal Edukasi Cendekia), 7(1), 1-6.
  14. Kustandi, C., & Sutjipto, B. 2011. Media Pembelajaran Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia.
  15. Lestari, Kurnia Eka, M. Ridwan Yudhanegara. 2017. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung. Refika Aditama.
  16. Mahsun (2014). Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
  17. Majdi, Muhammad Kamal, and Bambang Subali. 2018. Peningkatan Komunikasi Ilmiah Siswa SMA Melalui Model Quantum Learning One Day One Question Berbasis Daily Life Science Question. UPEJ Unnes Physics Education Journal 7(1):81–90.
  18. Nasrillah, Elsan, E. Kosasih, Khaerudin Kurniawan. 2019. Teks Eksplanasi Sebagai Bahan Ajar Bahasa Indonesia di Kelas XI SMAN 5 Bandung (Kajian Deskiptif Kualitatif Terhadap Fungsi, Struktur Dan Kaidah Kebahasaan Dalam Proses Pembelajaran Berbasis Genre). Diglosia. Jurnal Pendidikan, Kebahasaan dan Kesusastraaan Indonesia. Vol. 3 (1) Hal. 68-73.
  19. Ningsih, Tika Wirda, and Ade Irma Suryani. 2022. Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Menggunakan Media Gambar Seri Pada Siswa Kelas IV SDN 07 Sikabu Munto Kabupaten Pesisir Selatan. 5(1).
  20. Nurudin. 2010. Dasar-Dasar Penulisan. Malang. UMM Press.
  21. Priyatni, E.T. 2014. Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.
  22. Purnama, Mega, Mutiara, Dadan Djuanda, Herman Subarjah. 2017. Penerapan Pendekatan Proses Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Sederhana Berdasarkan Gambar Seri Siswa Kelas III SD Negeri Panyingkiran III. Jurnal Pena Ilmiah 2(1):1591–1600.
  23. Riana, Rati dan Sofyandanu Setiadi. 2015. Pengaruh Sikap Berbahasa Terhadap Penerapan Bahasa Indonesia Dalam Penulisan Skripsi Mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro, J. Dinamika Sosbud Volume 17 Nomor 2. Hal. 104-116.
  24. Riduwan dan Sunarto. 2017. Pengantar Statistika Untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Komunikasi, Ekonomi. Bandung: Alfabeta.
  25. Rukmi, Catur Endah Fillaili &. Asri Susetyo. 2014. Penggunaan Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi Siswa Kelas V SDN Balongjeruk Kediri. Jpgsd 2:10.
  26. Salfera, Noi. 2017. Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Dengan Menggunakan Media Gambar Berseri Pada Siswa Kelas VII. Jurnal Educatio. Jurnal Pendidikan Indonesia Vol. 3(2):32–43.
  27. Salma, Sitti, Darwis Muhdina, Siti Suwadah Rimang. 2021. “Keefektifan Pendekatan Keterampilan Proses Melalui Media Video Tehadap Hasil Belajar Menulis Ringkasan Teks Eksplanasi. Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran 1(3):130–140.
  28. Sari, Pratiwi Kartika, Syifa Khaerani, Mega Achdisty Noordyana. 2017. Penerapan Pendekatan Proses Pada Pembelajaran Tematik Siswa Sekolah Dasar. Holistika Jurnal Ilmiah PGSD 1(2):109–112.
  29. Sarmila, B. 2022. Peningkatan Menulis Cerpen Melalui Aplikasi Wattpad Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 3 Luwu Timur Pendahuluan. Deiktis: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Vol. 2(3):266–272.
  30. Sears, David O., Freedman, Jonathan L., & Peplau, L. A. (1994). Psikologi Sosial jilid 2. Alih Bahasa: Michael Adryanto. Jakarta: Erlangga.
  31. Siswanto, Wahyudi, Dewi Ariani. 2016. Model Pembelajaran Menulis Cerita. Buku Panduan Untuk Guru Ketika Mengajar Menulis Cerita. Bandung. PT. Refika Aditama.
  32. Slameto. 2008. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
  33. Subana, M, Sunarti. 2011. Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia Berbagai Pendekatan, Metode, Teknik, dan Media Pengajaran. Semarang. Pustaka Setia.
  34. Sudjana, Nana, Rivai Ahmad. 2010. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
  35. Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : ALFABETA.
  36. Syamsi, Kastam. 1999. Peningkatan Keterampilan Siswa Sekolah Dasar Dalam Menulis. Jurnal Kependidikan Penelitian Inovasi Pembelajaran Vol. 29 (2) Hal. 181-196.
  37. Syamaun, Syukri. 2019. Pengaruh Budaya Terhadap Sikap dan Perilaku Keberagamaan. Jurnal At-Taujih Bimbingan dan Konseling Islam Vol. 2 (2) Hal. 81-95.
  38. Tarigan, Henry Guntur. 2013. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
  39. Thalib, Abd. 2018. Pendekatan Keterampilan Proses Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School 1(1):23–36. doi: 10.24256/pijies.v1i1.377.
  40. Tomkins, G. E., Hosskisson K. 1995. Languange Arts: Content and Teaching Strategies. Englewood Cliffs. New Jersey. Merrill.
  41. Walgito, Bimo. 2003. Psikologi Sosial. Yogyakarta: Andi Offset.
  42. Wibawa, Basuki, Farida Mukti. 1992. Media Pengajaran. Jakarta: Dikti.
  43. Wulansari, Endang Wahyuni, Siti Halidjah, Asmayani Salimi. 2019. Pengaruh Penerapan Pendekatan Proses Berbantuan Media Gambar Terhadap Keterampilan Menulis Deskripsi di SD. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa Vol. 8 No. 9 1–8.
  44. Yulistiani, Delvia, and Dian Indihadi. 2020. Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Dengan Menggunakan Media Gambar Berseri. Pedadidaktika : Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol. 7(3):228–34.
  45. Yuzen, Nafril, Yusni Ikhwan Siregar, Zulfam Saam. 2014. Hubungan Antar Kondisi Sosial Ekonomi Dengan Persepsi, Sikap dan Perilaku Masyarakat Kabupaten Kerinci pada Hutan Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS). Jurnal Ilmu Lingkunga Vol. 8 (2) Hal. 197-213.
  46. Zakiah dan Fikratul Khairi. 2019. Pengaruh Kemampuan Kognitif Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas V Sdn Gugus 01 Kecamatan Selaparang. Jurnal PGMI Volume 11 Nomor 1. Hal 85–100.