Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pendidikan diintegrasikan di sekolah yang mengutamakan pendidikan Islam dan mata pelajaran kewarganegaraan. Karena Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Kendari merupakan salah satu madrasah yang paling banyak dibutuhkan oleh siswa di Kota Kendari, maka wilayah itulah yang dipilih peneliti untuk penelitiannya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif lapangan, atau penelitian lapangan. Analisis data digunakan dengan mereduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Temuan wawancara informan di MAN 1 Kendari dijadikan sebagai sumber data utama. Menurut penelitian, materi pembelajaran PAI (Qur'an Hadits dan Akidah Akhlak) dan PKn mempunyai keterkaitan satu sama lain. Namun pemaduan materi bergantung pada masing-masing guru, karena metode ceramah dirasa kurang memadai jika praktik tidak dipadukan dengan materi, apalagi jika tidak menghubungkan topik. Guru PAI dan PKn MAN 1 kemudian secara kooperatif mendiskusikan bagaimana konten telah diintegrasikan dan praktik telah membantu siswa menggunakan nilai-nilai kunci dalam mengembangkan karakter mereka. Hal ini mengakibatkan adanya transformasi pada karakter siswa.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2023 Marlina Gazali, Muhammad Syahrul Mubarak, Wahyuni Wahyuni

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
ShareAlike — If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.
No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.

References
- Afandi, Muhammad, dkk. 2013. Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah, Semarang, Unissula Pres.
- Al Nahlawi, Abdurrahman. 1995. Prinsip -prinsip dan Metode Pendidikan Islam, (terj.) Herry Noer Ali, judul asli Ushulut Tarbiyah Islamiyah wa Asalibuha, Damsyik: Darul Fikr.
- Aminah, A., Hairida, H., & Hartoyo, A. (2022). Penguatan Pendidikan Karakter Peserta Didik melalui Pendekatan Pembelajaran Kontekstual di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8349–8358.
- Ashari, M. K., Faizin, M., Yudi, U., Aziz, Y., & Irhami, H. (2023). Konstruksi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Interdisipliner dalam Menanamkan Sikap Religius Peserta Didik. Al-Mada: Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya, 6(2), 307–322.
- Ariyasa, I Gede. 2022. “Pendidikan Karakter Dimulai dari Guru Berkarakter”, selengkapnya baca di http://pena.belajar.kemdikbud.go.id/2018/08/pendidikan-karakter-dimulai-dari-guru-berkarakter/
- Evi Susilowati, H. (2013). Strategi Pembentukan Karakter Siswa Smk Negeri 1 Lamongan Melalui Integrasi Mata Pelajaran Pendidikan Agama Dan Pendidikan Kewarganegaraan. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 2(1), 364–378.
- Faizin. 2017. “Integrasi Agama dan Sains dalam Tafsir Ilmi Kementerian Agama RI”, Jurnal Ushuluddin, Vol 25, No. 1.
- Furroyda, A. F., Ibda, H., & Wijanarko, A. G. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Berbasis Tpack Terhadap Hasil Belajar Ppkn Di Madrasah Ibtidaiyah Swasta. SITTAH: Journal of Primary Education, 3(2), 145–160.
- Gustiana, E., & Kristi Pramudika Sari, A. (2022). Keterlibatan Orang Tua Dalam Bidang Pendidikan Terhadap Perilaku Sosial Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Pelita PAUD, 7(1), 199–204.
- Hilir Rahmat Rifai Lubis, Bilah Ikbal, Muhammad Annisah Febrianti, Nur Nadia Astika, Fika Khomisah, N. (2020). Kontruksi Karakter Peserta Didik Melalui Pembelajaran PAI di SMPN 3 Bilah Hilir. Jurnal At-Tarbiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 9439, 81–95.
- Ikhwan, Afiful. 2014. Integrasi Pendidikan Islam (Nili-Nilai Islami dalam Pembelajaran), Jurnal Ta’allum, Vol 2, No 2.
- Khusniyah, N. L. (2018). Peran Orang Tua sebagai Pembentuk Emosional Sosial Anak. Qawwam, 12(1), 87–101.
- Mts, V., & Kebumen, N. (2020). Integrasi Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam pada Kegiatan Muhadarah di MAN 1 Pangkalpinang. Madaris: Jurnal Guru Inovatif, 2(1), 79–93.
- Mulyana, E. (2022). Integrasi Pendidikan Karakter Dalam Kurikulum PAI di Sekolah SMAN 8 Rejang Lebong. Jurnal Pendidikan IPS, 12(1), 24–29.
- Naite, I. (2021). Impact of Parental Involvement on Children’s Academic Performance at Crescent International School, Bangkok, Thailand. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 690(1).
- Nisa’, F., & Anshori, I. (2021). Integrasi Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada Kurikulum 2013 Kelas Rendah di Madrasah Ibtidiyah. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 8(1), 37–50.
- Pramanik, R., Heng, P. H., & Tiatri, S. (2023). Parental Involvement: Teachers ’ Perceptions And Their Role In Teacher Well-Being. International Journal OfApplication on Social Science and Humanities, 1(1), 306–316.
- Purnamasari, D. A. ebrianti, & Wisudaningsih, E. T. (2020). Peran Lingkungan Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak di Desa Semampir, Kraksaan, Probolinggo. Jurnal Pendidikan Dan Sains, 1(2), 277–287.
- Rahman, F. 2017. Analyzing Literary Works through Linguistic Structuralism Approach. Makassar: Faculty of Cultural Sciences Hasanuddin University.
- Riyanto, Waryani Fajar. 2023. Studi Islam Integratif di Indonesia (Studi Islam Normativitas, Historisitas, dan IntegralitasInterkoneksitas), Yogyakarta: SUKA Press.
- Rumbarak, M., & Airlanda, G. S. (2023). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Aspek Perkembangan Sosial Emosional Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Simki Pedagogia, 6(1), 269–276.
- Rustaman, Ilmu dan Aplikasi Pendidikan, Bandung: Inperial Bakti Utama, 2001.
- Suardin, S., & Yusnan, M. (2021). Pengaruh Manajemen Waktu Belajar Terhadap Efikasi Diri Dan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. JEC (Jurnal Edukasi Cendekia), 5(1), 61-71.
- Sugiana, A. (2019). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Dan Implementasinya Di Mts Nurul Ummah Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 16(1), 17–34.
- Sumiarti. 2015. “Integrasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Kreatif di Rumah Kreatif Wadas Kelir Purwokerto”, Kreatif: Purwokerto Tamboto, H., Tambingon, H. N., Lengkong, J. S. ., & Rotty, V. N. J. (2021). The Involvement of Students’ Parents in Organizing the Learning from Home at Elementary Schools in Tomohon City. Asia Pacific Journal of Management and Education, 4(1), 35–51.
- Trisnawati, & Sugito. (2020). Peran Orang Tua Dalam Perkembangan Anak. Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(4).
- Verawati, W. O. C., Fazila, N., Safila, D., Sherly, S., Yusnan, M., & Alhasan, S. E. (2023). Orientasi Smart Parenting dalam Membangun Tumbuh Kembang Peserta Didik. Tematik: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 2(1), 91-94.
References
Afandi, Muhammad, dkk. 2013. Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah, Semarang, Unissula Pres.
Al Nahlawi, Abdurrahman. 1995. Prinsip -prinsip dan Metode Pendidikan Islam, (terj.) Herry Noer Ali, judul asli Ushulut Tarbiyah Islamiyah wa Asalibuha, Damsyik: Darul Fikr.
Aminah, A., Hairida, H., & Hartoyo, A. (2022). Penguatan Pendidikan Karakter Peserta Didik melalui Pendekatan Pembelajaran Kontekstual di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8349–8358.
Ashari, M. K., Faizin, M., Yudi, U., Aziz, Y., & Irhami, H. (2023). Konstruksi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Interdisipliner dalam Menanamkan Sikap Religius Peserta Didik. Al-Mada: Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya, 6(2), 307–322.
Ariyasa, I Gede. 2022. “Pendidikan Karakter Dimulai dari Guru Berkarakter”, selengkapnya baca di http://pena.belajar.kemdikbud.go.id/2018/08/pendidikan-karakter-dimulai-dari-guru-berkarakter/
Evi Susilowati, H. (2013). Strategi Pembentukan Karakter Siswa Smk Negeri 1 Lamongan Melalui Integrasi Mata Pelajaran Pendidikan Agama Dan Pendidikan Kewarganegaraan. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 2(1), 364–378.
Faizin. 2017. “Integrasi Agama dan Sains dalam Tafsir Ilmi Kementerian Agama RI”, Jurnal Ushuluddin, Vol 25, No. 1.
Furroyda, A. F., Ibda, H., & Wijanarko, A. G. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Berbasis Tpack Terhadap Hasil Belajar Ppkn Di Madrasah Ibtidaiyah Swasta. SITTAH: Journal of Primary Education, 3(2), 145–160.
Gustiana, E., & Kristi Pramudika Sari, A. (2022). Keterlibatan Orang Tua Dalam Bidang Pendidikan Terhadap Perilaku Sosial Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Pelita PAUD, 7(1), 199–204.
Hilir Rahmat Rifai Lubis, Bilah Ikbal, Muhammad Annisah Febrianti, Nur Nadia Astika, Fika Khomisah, N. (2020). Kontruksi Karakter Peserta Didik Melalui Pembelajaran PAI di SMPN 3 Bilah Hilir. Jurnal At-Tarbiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 9439, 81–95.
Ikhwan, Afiful. 2014. Integrasi Pendidikan Islam (Nili-Nilai Islami dalam Pembelajaran), Jurnal Ta’allum, Vol 2, No 2.
Khusniyah, N. L. (2018). Peran Orang Tua sebagai Pembentuk Emosional Sosial Anak. Qawwam, 12(1), 87–101.
Mts, V., & Kebumen, N. (2020). Integrasi Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam pada Kegiatan Muhadarah di MAN 1 Pangkalpinang. Madaris: Jurnal Guru Inovatif, 2(1), 79–93.
Mulyana, E. (2022). Integrasi Pendidikan Karakter Dalam Kurikulum PAI di Sekolah SMAN 8 Rejang Lebong. Jurnal Pendidikan IPS, 12(1), 24–29.
Naite, I. (2021). Impact of Parental Involvement on Children’s Academic Performance at Crescent International School, Bangkok, Thailand. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 690(1).
Nisa’, F., & Anshori, I. (2021). Integrasi Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada Kurikulum 2013 Kelas Rendah di Madrasah Ibtidiyah. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 8(1), 37–50.
Pramanik, R., Heng, P. H., & Tiatri, S. (2023). Parental Involvement: Teachers ’ Perceptions And Their Role In Teacher Well-Being. International Journal OfApplication on Social Science and Humanities, 1(1), 306–316.
Purnamasari, D. A. ebrianti, & Wisudaningsih, E. T. (2020). Peran Lingkungan Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak di Desa Semampir, Kraksaan, Probolinggo. Jurnal Pendidikan Dan Sains, 1(2), 277–287.
Rahman, F. 2017. Analyzing Literary Works through Linguistic Structuralism Approach. Makassar: Faculty of Cultural Sciences Hasanuddin University.
Riyanto, Waryani Fajar. 2023. Studi Islam Integratif di Indonesia (Studi Islam Normativitas, Historisitas, dan IntegralitasInterkoneksitas), Yogyakarta: SUKA Press.
Rumbarak, M., & Airlanda, G. S. (2023). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Aspek Perkembangan Sosial Emosional Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Simki Pedagogia, 6(1), 269–276.
Rustaman, Ilmu dan Aplikasi Pendidikan, Bandung: Inperial Bakti Utama, 2001.
Suardin, S., & Yusnan, M. (2021). Pengaruh Manajemen Waktu Belajar Terhadap Efikasi Diri Dan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. JEC (Jurnal Edukasi Cendekia), 5(1), 61-71.
Sugiana, A. (2019). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Dan Implementasinya Di Mts Nurul Ummah Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 16(1), 17–34.
Sumiarti. 2015. “Integrasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Kreatif di Rumah Kreatif Wadas Kelir Purwokerto”, Kreatif: Purwokerto Tamboto, H., Tambingon, H. N., Lengkong, J. S. ., & Rotty, V. N. J. (2021). The Involvement of Students’ Parents in Organizing the Learning from Home at Elementary Schools in Tomohon City. Asia Pacific Journal of Management and Education, 4(1), 35–51.
Trisnawati, & Sugito. (2020). Peran Orang Tua Dalam Perkembangan Anak. Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(4).
Verawati, W. O. C., Fazila, N., Safila, D., Sherly, S., Yusnan, M., & Alhasan, S. E. (2023). Orientasi Smart Parenting dalam Membangun Tumbuh Kembang Peserta Didik. Tematik: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 2(1), 91-94.