Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan percepatan pendataan terhadap “Education Managemen Information System (EMIS)” pada lembaga Pendidikan Islam di Lingkungan Kementerian Agama Kabupaten Kupang. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan cara membangun sebuah gagasan dalam rangka untuk mempercepat pendataan emis. Teknik peneitian yang digunakan dalam membangun gagasan ini adalah melaksanakan serangkaian tahapan-tahapan pelaksanaan percepatan pendataan emis melalui: 1) Memaksimalkan sistem pendataan EMIS Kementerian Agama Kabupaten Kupang melalui pembentukan tim emis, 2) Mengatasi kondisi geografis Kabupaten Kupang melalui sistem cluster dan 3) Meningkatkan kemampuan operator Emis lembaga melalui pelatihan. Hasil penelitian dalam membangun gagasan percepatan emis ini adalah: 1) Dibentuknya tim percepatan pendataan emis, 2) Membagi wilayah percepatan pendataan berdasarkan sistem cluster yaitu: Untuk Cluster A, yang diberi nama “CARSU”, meliputi wilayah Kecamatan Camplong, Takari, dan Sulamu, Cluster B, diberi nama “AKUT” meliputi wilayah Kecamatan Amarasi, dan Kupang Timur dan Cluster C, diberi nama “KUTEBAR” meliputi wilayah Kecamatan Kupang Tengah dan Kupang barat dan 3) Dilakukan peningkatan kemampuan operator lembaga melalui kegiatan sinkronisasi dan validasi data EMIS.

Keywords

Institute for Religious and Religious 3T Cluster

Article Details

How to Cite
Ali, U. (2023). Percepatan Pendataan Education Management Information System (EMIS) pada Lembaga Pendidikan Islam di Lingkungan Kementerian Agama Kabupaten Kupang melalui Sistem Cluster. Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton, 9(4), 922–930. https://doi.org/10.35326/pencerah.v9i4.4265

References

  1. Afif. 2019. Pentingnya Data Emis Bagi Madrasah. http://jateng.kemenag.go.id.
  2. Azis, Fuadi. 2014. Pengambil Kebijakan Berbasis Education Management Information System (EMIS). Jurnal Pendidikan Islam: Volume IIII, Nomor 1, Juni 2014
  3. Badan Pusat Statistik Kabupaten Kupang. 2023. Kabupaten Kupang Dalam Angka 2023.
  4. Badan Pusat Statistik Provinsi NTT. Persentase Pemeluk Agama (Persen), 2020-2022. https://ntt.bps.go.id/indicator/108/84/1/persentase-pemeluk-agama-.html
  5. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. Data Pendidikan Periode 2017-2021. https://kupangkab.go.id
  6. Guru Madrasah dot com. 2021. Panduan EMIS Madrasah Terbaru Semester Genap Tahun Pelajaran 2020/2021. https://www.gurumadrasah.com/
  7. Indah. (2021). Transformasi Digital Pendidikan Keagamaan, Kemenag Rilis Aplikasi EMIS 4.0. https://kemenag.go.id/
  8. Kanwil Kementerian Agama Provinsi NTT. 2022. https://ntt.kemenag.go.id
  9. Kementerian Agama RI. (2012). Pedoman Pelaksanaan Sistem Perencanaan Kementerian Agama. Sekretarian Jenderal Biro Perencanaan
  10. Kementerian Agama. (2015). Buku Statistik Pendidikan Islam Tahun Pelajaran 2015/2016 Semester Ganjil. Seksi Sistem Informasi Pendidikan Islam Bidang Pendidikan Islam Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Nusa Tenggara Timur.
  11. Kementerian Agama RI Provinsi DKI Jakarta. Tugas Dan Fungsi - Bidang Pendidikan Agama Dan Keagamaan Islam. https://dki.kemenag.go.id
  12. KMA Nomor 2 tahun 2010 tentang Rencana Strategis Kementerian Agama tahun 2010-2014
  13. Keputusan Menteri Agama (KMA) Nomor 83 Tahun 2022 tentang Pengelolaan Data Pendidikan pada Kementerian AgamaKMA Nomor 2 tahun 2010 tentang Rencana Strategis Kementerian Agama tahun 2010-2014
  14. Panduan Emis 4.0 Lengkap Khusus Operator dan Kamad. https://www.ayomadrasah.id/2021/05/panduan-emis-40-lengkap-khusus-operator.html
  15. Ridlwan, Abdur Rouf. 2016. Tujuan dan Manfaat Emis. https://organisasioperatormadrasah.wordpress.com
  16. Salmawa, Abu. 2021. Manfaat EMIS Bagi TPQ dan Diniyah Talkmiliyah. https://www.salmawa.com/2021/10/manfaat-emis-bagi-tpq-diniyah.html
  17. Samsuri (2021). Pemanfaatan Education Management Information System (EMIS) dalam Pengambilan Keputusan di Seksi PAI Kementerian Agama Kabupaten Majalengka, Jawa Barat. Journal Of Islamic, ISSN 25490877
  18. Sina, Rasdiana, dkk. (2020). Penerapan Education Management Information System (Emis) Di Lembaga Pendidikan Keagamaan Dan Pondok Pesantren Pada Kantor Kementerian Agama Kota Makassar. JPPM: Journal of Public Policy and Management e-ISSN: 2715-2952 Volume 1 Nomor 1 Mei 2020
  19. Surat Edaran Direktorat Jendral Pendidikan Islam Kementerian Agama RInomorB-12/DJ.I/Set.I/PP.00.11/01/2022 tertanggal 17 Januari 2022 Tentang Pemutakhiran Data EMIS Madrasah Semester Genap Tahun Pelajaran 2021/2022.
  20. Tupono, Wahir, dkk. (2020). Efektivitas Education Management Information System (Emis) Di Madrasah Aliyah Negeri 5 Sleman. Jurnal Manajemen Publik & Kebijakan Publik, Nomor 2, Volume 1, Maret 2020.