Main Article Content

Abstract

Penelitian bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran teams games tournament (TGT) terhadap motivasi, keaktifan dan hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 133 Inpres Pari’risi Kabupaten Takalar. Penelitian ini memadukan teknik penelitian eksperimen dengan penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan desain nonequivalent control group design dengan desain quasi eksperimen. Sampel penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 133 Inpres Pari'risi Kabupaten Takalar. Tes, observasi, dan angket merupakan metode yang digunakan untuk memperoleh data. Analisis statistik deskriptif dan inferensial adalah metode analisis data yang digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa pada kelas eksperimen memperoleh hasil pretest sebanyak 6 siswa kategori baik sekali. Sedangkan untuk kategorisasi posttest, 21 siswa kategori baik sekali. Mengenai nilai keaktifan siswa kelas eksperimen memperoleh hasil pretest sebanyak 18 siswa kategori cukup aktif. Sedangkan untuk kategorisasi posttest, 21 siswa kategori aktif. Hasil belajar siswa pada kelas eksperimen memperoleh hasil pretest sebanyak 8 siswa kategori sedang, 16 siswa kategori rendah, 6 siswa kategori sangat rendah. Sedangkan untuk kategorisasi posttest, 10 siswa kategori sangat tinggi, 17 siswa kategori tinggi dan 33 siswa kategori sedang.

Keywords

Motivasi Keaktifan Hasil Belajar TGT

Article Details

How to Cite
Sahmar, S. W., Idawati, I., & Quraisy, H. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap Motivasi, Keaktifan dan Hasil Belajar IPS pada Siswa Sekolah Dasar. Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton, 9(4), 890–900. https://doi.org/10.35326/pencerah.v9i4.4144

References

  1. Alistiana, L., Aswirna, P., & Ariani, Y. (2020). Analisis Penggunaan Model Reciprocal Teaching Berbasis HOTS terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Peserta Didik pada Materi IPA Sekolah Dasar. Tarbiyah Al-Awlad, 10(2), 221–235.
  2. Ananda, R., & Hayati, F. (2020). Variabel Belajar (Kompilasi Konsep). Medan: CV. Pusdikra Mitra Jaya.
  3. Armidi, N. L. S. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VI SD. Journal of Education Action Research, 6(2), 214–220. https://doi.org/10.23887/jear.v6i2.45825.
  4. Armin, R., & Astuti, A. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri 12 GU. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 7, 178–183. https://doi.org/10.55340/japm.v7i2.455
  5. Darma, I. K., Karma, I. G. M., & Santiana, I. M. A. (2020). Blended Learning, Inovasi Strategi Pembelajaran Matematika di Era Revolusi Industri 4.0 Bagi Pendidikan Tinggi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 3, 527–539.
  6. Handayani, L. P., & Nurlizawati, N. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Sosiologi Kelas Xl IPS 1 SMAN 1 Lubuk Basung. Naradidik: Journal of Education and Pedagogy, 1(3), 363–368. https://doi.org/10.24036/nara.v1i3.57Isnaeni, N. (2022). Peningkatan Penguasaan Konsep Dan Aktivitas Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Times Games Tournament) Pada Materi Sistem Saraf di SMA Yabujah Indramayu Tahun 2020/2021. Sinau : Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Humaniora, 8(2), 180-206. https://doi.org/10.37842/sinau.v8i2.99
  7. Komara, E. (2016). Belajar dan Pembelajaran Interaktif. Bandung: Refika Aditama.
  8. Laksana, A. A. N. P., Adnyana, I. W., Saputra, I. G. A. A., Pranata, I. K. Y., Kresnayadi, I. P. E., & Susila, G. H. A. (2021). Implementasi Model Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Teknik Passing Bola Voli. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 7(1), 141–149. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJP/article/view/11469
  9. Mardayanti, M. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments (TGT) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Prosedur Administrasi di SMK Batik 2 Surakarta. Indonesian Journal of Social Sceince Education, 2(2), 121–134.
  10. Masgumelar, N. K., & Mustafa, P. S. (2021). Teori Belajar Konstruktivisme dan Implikasinya dalam Pendidikan. GHAITSA: Islamic Education Journal, 2(1), 49–57. https://siducat.org/index.php/ghaitsa/article/view/188
  11. Melindawati, S. (2021). Pengaruh Penggunaan model Teams Games Tournament (TGT) terhadap Hasil Belajar IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 5(1), 55. https://doi.org/10.32585/jkp.v5i1.1050
  12. Munawaroh, F., Prasetyaningtyas, F.D & Arlinda, F.D. (2023). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Team Game Tournament (TGT) Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V SD Negeri Ngaliyan 03. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP), 1(2), 314-341
  13. Nitiasih, N. L. (2021). Implementasi model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament untuk meningkatkan hasil belajar seni musik. Indonesian Journal of Educational Development, 2, 365–372. https://doi.org/10.5281/zenodo.5256960
  14. Panuntun, Faiz. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Teams Games Tournament (Tgt) Dan Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Sepak Bola (Dribbling) Pada SiswaKelas Xi Smk Hkti 2 Banjarnegara. Journal of Sport Coaching and Physical Education, 9(1), 19-23. https://doi.org/10.15294/jscpe.v5i1.36807.
  15. Parhusip, G. D ., Kristanto, Y. D, & Partini. (2023). Meningkatkan Keaktifan Belajar Peserta Didik dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT). JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 11(2), 293-306. http://doi.org/10.25273/jipm.v11i2.13816.
  16. Shoimin. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta; Ar-Ruzz Media.
  17. Sugiata, I. W. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Team Game Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 2(2), 78–87. https://doi.org/10.23887/jpk.v2i2.16618
  18. Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
  19. Sulistio, A., & Haryant, N. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning Model). Purbalingga: Eureka Media Aksara.
  20. Sumantri, M. S. (2015). Strategi Pembelajaran Teori dan Praktik di tingkat pendidikan Dasar. Jakarta: PT Raja Grafindo.
  21. Sandra, E., Theresia, M., & Nurbaiti. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Ruang Kelas V SD Muhammadiyah 1 Padangsidimpuan. JIPDAS (Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar) Institut, 2(2), 22–28. https://doi.org/https://doi.org/10.37081/jipdas.v2i2.319
  22. Taufiq Izzuddin, A. (2018). Pengembangan Model Cooperative Learning Type Teams Games Tournament (TGT) Pada Mata Pelajaran IPS di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Dan Diskusi Nasional Pendidikar Dasar, 343–346.
  23. Thalita, A. R., Fitriyani, A. D., & Nuryani, P. (2019). Penerapan Model Pembelajaran TGT Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas IV. 147–156. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 147-156. https://doi.org/10.17509/jpgsd.v4i2.20543
  24. Yuliana, R., Hartini, H., & Hajj, Z. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) Terhadap Keaktifan Belajar Matematika Peserta Didik. Cendekia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(1), 1-12. https://doi.org/10.33659/cip.v11i1.257.
  25. Yunita, N. K. D., & Tristiantari, N. K. D. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tgt Berbasis Kearifan Lokal Tri Hita Karana Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia, 1(2), 96. https://doi.org/10.23887/jpmu.v1i2.20778
  26. Yusnan, M., Saputra, L., & Omar, S. (2023). Enhancing Student Motivation to Learn Using Self-Determination Theory as a Framework: An Exploration of Internal and External Factors in the Context of Sekolah Dasar Negeri 1 Kapoa, Buton Selatan. Buletin Edukasi Indonesia, 2(03), 113-120.