Main Article Content

Abstract

Trend fashion di media sosial mulai berkembang luas karena adanya dukungan dari fashion influencer. Salah satunya peran media baru yaitu sosial instagram yang menjadi interaksi dalam menciptaan suatu trend fashion sehingga meluas dan sangat mudah dikenal. Meluapnya suatu fashion dizaman sekarang membuat masyarakat mengenal beberapa fashion influencer, salah satu nya yaitu fashion essetianls. Sebagai seorang fashion influencer, pemilik akun instagram @ashleymicheller_ selalu membagikan tips kepada pengikutnya mengenai Fashion essetianls yang dimilikinya. Parapengikut dari akun instagram Ashley begitu antusias dengan outfit yang ia gunakan. Ashley sebagai fashion influencer juga memiliki pengaruh yang kuat dimana para pengikutnya selalu ingin memiliki atau ingin menggunakan barang atau pakaian yang sedang ia gunakan. Fokus penelitian menganalisis pertemuan antara media dan audiens, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan teori analisis resepsi. Untuk mengungkapkan bagaimana peran pengikut dari akun instagram @ashleymicheller_ sebagai audiens dalam menerima informasi dari pemberi pesan, maka peneliti menggunakan teori encoding dan decoding dari Stuart Hall. Berdasarkan hasil penelitian bahwa beberapa pengikut dari akun instagram @ashleymicheller_   berada pada posisi pembacaan dominant-hegemonic reading, Di mana audiens pada posisi ini pengikut akan langsung menerima dengan baik pesan yang disampaikan oleh Ashley. Namun Berbeda dari informan lainnya, dimana informan 2 Berada di posisi pembacaan negotiated reading.

Keywords

decoding fashion essentials new media instagram fashion trends

Article Details

How to Cite
Octavia, D., & Nugroho, C. (2023). Peran Influencer dalam Style Fashion Essential (Analisis Resepsi Pengikut Akun Instagram @ashleymicheller_). Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton, 9(4), 911–921. https://doi.org/10.35326/pencerah.v9i4.4065

References

  1. Agusta, R. (2021). Analisis resepsi audiens remaja terhadap romantisme film Dilan 1990. ProTVF : Jurnal Kajian Televisi dan Film.
  2. Anindhita, M. (2022). Analisis Resepsi Followers Akun @Roughneck1991 Terhadap KonteN “Roughneck Shopee 11.11.” Prosiding Seminar Nasional & Call for Paper PSGESI UWP, September, 9(1). https://doi.org/10.38156/gesi.v9i01.210
  3. Azhari, M. (2020). Analisis Resepsi Pengikutakun Instagram @Maknews Pada Konten Religi #Jumatberkah. Journal Of Communication And Science, 2(1).
  4. Berahim, R. A., Mayasari, & Kusumaningrum, R. (2022). ANALISIS RESEPSI Pengikut Akun Tiktok @Podcastkeselaje Dalam Penggunaan Bahasa Jaksel. Nusantara: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosia, 9, 3989–3995.
  5. Claretta, D., Fauziah, A., Hikmah, A. N., & Hikmah, A. N. (2022). Analisis Resepsi Mahasiswa Tentang Konten Dalam Akun Tiktok @rizkyrn_. Jurnal Socia Logica, 1(2). https://doi.org/10.572349/socialogica.v1i2.147
  6. Dwiputra, K. O. (2020). Analisis resepsi khalayak terhadap pemberitaan Covid-19 di klikdokter.com. Jurnal Komunikasi Profesional.
  7. Fathurizki, A., & Malau, R. M. U. (2018). Pornografi dalam film: analisis resepsi Film “men, women & children.” ProTVF : Jurnal Kajian Televisi dan Film. https://doi.org/10.24198/ptvf.v2i1.11347
  8. Febriano, M. R. (2018). Pembacaan Audiens Tentang Destinasi Wisata Bandung (Analisis Resepsi Pengikut Akun Instagram @Explorebandung).Skripsi Telkom University. Telkom University.
  9. Ghassani, A., & Nugroho, C. (2019). Pemaknaan Rasisme Dalam Film(Analisis Resepsi Film Get Out). Jurnal Manajemen Maranatha, 18(2), 127–134.
  10. Handayani, R. (2022). Analisis Resepsi Remaja Pada Adegan Lesbian Dalam Series Sianida (Episode 1). Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(2).
  11. Majid, M. N. (2020). Analisis Resepsi Mahasiswa Terhadap Pemberitaan Hoax Di Media Sosial. Ettisal: Journal Of Communication /, 5(2). Https://Doi.Org/10.21111/Ejoc.V5i2.4655
  12. Mcquail, D. (2011). Teori Komunikasi Massa. Salemba Empat.
  13. Nugroho, C. (2020). Cyber Society : Teknologi, Media Baru, Dan Disrupsi Informasi. Prena Damedia Group.
  14. Oktaviyani, D. T. S. A. R. P. (2021). Pemaknaan Khalayak Terhadap Maskulinitas Melalui Fashion Hijab Pada Akun Instagram @Strngrrr. Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam, 2.
  15. Pane, D. M., Punia, I. N., & Nugroho, W. B. (2018). Fashion Sebagai Penciptaan Identitas Diri Remaja Di Kota Denpasar. Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik.
  16. Pawaka, D. (2020). Analisis Resepsi Followers Milenial @Indonesiafeminis Dalam Memaknai Konten Literasi Feminisme. Aguna: Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(1), 70–86. Http://Ejournal.Amikompurwokerto.Ac.Id/Index.Php/Aguna/
  17. Purnamasari, N. P., & Tutiasri, R. P. (2021). Analisis Resepsi Remaja Perempuan Terhadap Gaya Hidup Berbelanja Fashion Melalui Tayangan Video ‘Belanja Gak Aturan’ Dalam Akun Tiktok @Handmadeshoesby. Jurnal Representamen, 7(1). Https://Doi.Org/10.30996/Representamen.V7i01.5129
  18. Savira, R. (2022). Resepsi Penonton Terhadap Konten Review Skincare Dalam Akun Tiktok @Drrichardlee. Linmasa : Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(1). Https://Doi.Org/10.23969/Linimasa.V5i1.4461
  19. Sihombing, H. L. S., & Rakhmad, W. N. (2019). Pemaknaan Khalayak Terhadap Androgini Pada Akun Instagram Andreas Lukita. Ilmu Komunikasi.
  20. Trisnawati, T. Y. (2011). Fashion Sebagai Bentuk Ekspresi Diri Dalam Komunikasi. The Messenger, 3(1).