Main Article Content

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui Pengaruh penerapan pendekatan pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) terintegrasi budaya lokal terhadap motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas IV Sekolah dasar Kabupaten Luwu. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif.  Jenis penelitian yang digunakan yaitu quasi experimental design dengan bentuk nonequivalent control grup design, menggunakan kelas  eksperimen  dan kelas kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV  sebanyak 5 Sekolah Dasar Kabupaten Luwu. Adapun sebagai sampel penelitian yaitu SDN 493 Bosso dan SDN 112 Mamara. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa dengan menerapkan pendekatan pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) terintegrasi budaya lokal nilai rata-rata siswa adalah 83,54, sedangkan nilai rata-rata  siswa dengan menerapkan pendekatan konvensional  adalah 78,62. Sedangkan hasil belajar dengan menerapkan pendekatan pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) terintegrasi budaya lokal diperoleh nilai rata-rata hasil belajar adalah 82,46, hal ini dapat disimpulkan bahwa motivasi dan hasil belajar siswa setelah menerapkan pembelajaran CTL terintegrasi budaya lokal  berada pada kategori  baik sekali.

Keywords

Pendekatan Pembelajaran Budaya Lokal Motivasi Hasil Belajar Matematika

Article Details

How to Cite
Khairunnisa’, Akib, I., & Sukmawati. (2023). Pengaruh Penerapan Pendekatan Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Terintegrasi Budaya Lokal terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton, 9(4), 842–853. https://doi.org/10.35326/pencerah.v9i4.3995

References

  1. Abdul Aziz, M. M., Tahir, M., & Oktaviyanti, I. (2022). Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN Gugus I Kecamatan Praya Barat Daya. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(4), 785–793. https://doi.org/10.29303/jipp.v6i4.326
  2. Akhiruddin, Sujarwo, & Atmowardoyo, H. N. (2019). Belajar dan Pembelajaran. CV. Cahaya Bintang Cemerlang.
  3. Alfian, E., Kaso, N., Raupu, S., & Arifanti, D. R. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Brainstorming dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. Al Asma: Journal of Islamic Education, 2(1), 54–64.
  4. Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
  5. Chityadewi, K. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Materi Operasi Hitung Penjumlahan Pecahan Dengan Pendekatan CTL ( Contextual Teaching and Learning ). Journal of Education Technology, 3(3), 196–202
  6. Chotimah, H., & Fathurrohman, M. (2018). Paradigma Baru Sistem Pembelajaran.pdf. Ar- Ruzz Media.
  7. Darwis Abroriy. (2020). Etnomatematika dalam Perspektif Budaya Madura. Indonesian Journal of Mathematics and Natural Science Education, 1(3), 182–192. https://doi.org/10.35719/mass.v1i3.44
  8. Haerullah, A., & Hasan, S. (2017). Model & Pendekatan Pembelajaran Inovatif (Teori dan Aplikasi). CV. Lintas Nalar.
  9. Harahap, E. H. (2021). Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching And Learning Berbantuan Media Tiga Dimensi Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 3(3), 829–835. https://doi.org/10.34007/jehss.v3i3.434
  10. Malmia, W., Latbual, J., Hentihu, V. R., Loilatu, S. H., Iqra Buru, U., Negeri, S. D., Jl, W., Basalamah, A., & Namlea, M. (2020). Efektifitas Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. In Uniqbu Journal of Exact Sciences (UJES) (Vol. 1, Issue 2).
  11. Masfufah, R., & Afriansyah, E. A. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa melalui Soal PISA. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 291–300. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i2.825
  12. Nuraisah, E., Irawati, R., & Hanifah, N. (2016). Perbedaan pengaruh penggunaan pembelajaran konvensional dan pendekatan kontekstual terhadap kemampuan berpikir kritis matematis dan motivasi belajar siswa pada materi pecahan. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 291–300.
  13. Rahmah, N. (2018). Hakikat Pendidikan Matematika. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2), 1–10. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v1i2.88
  14. Rohartati, S. (2017). Penerapan Media Keping Berwarna Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Penjaminan Mutu, 3(2). http://ejournal.ihdn.ac.id/index.php/JPM/article/view/193
  15. Sardiman, A. . (2016). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. PT Raja Grafindo Persada.
  16. Sari, A., & Revita, R. (2022). LKS Matematika Berbasis Kontekstual Terintegrasi Budaya Melayu Riau untuk Siswa SMP / MTs di Pekanbaru. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 06(03), 3387–3401.
  17. Shanti, W. N., Sholihah, D. A., & Abdullah, A. A. (2018). Pengaruh Pendekatan Problem Posing dan CTL terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika Bagi Siswa SMA. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 5(2), 49–57.
  18. Shoimin, A. (2020). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Ar- Ruzz Media.
  19. Sigalingging, D., Sitepu, A., & Silaban, P. J. (2022). Pengaruh Model Pendidikan Matematika Realistik Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bangun Datar. Jurnal PAJAR ( Pendidikan Dan Pengajaran ), 6(5), 749–766.
  20. Siregar, E. Y., Holila, A., & Nasution, D. P. (2020). Penerapan pendekatan kontekstual dalam upaya meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. 8(4), 370–377.
  21. Suardin, S., & Yusnan, M. (2021). Pengaruh Manajemen Waktu Belajar Terhadap Efikasi Diri Dan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. JEC (Jurnal Edukasi Cendekia), 5(1), 61-71.
  22. Sudijono, A. (2015). Pengantar Evaluasi Pendidikan. RajaGrafindo Persada.
  23. Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta. https://doi.org/10.17605/OSF.IO/8Q9VY
  24. Sulistyawati, E. (2020). Keefektifan Pendekatan Kontekstual Berbasis Budaya Lokal ditinjau dari Prestasi, Minat belajar, dan Apresiasi terhadap Matematika. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika), 6(1), 27–42. https://doi.org/10.37058/jp3m.v6i1.1421
  25. Suriansyah, A., Aslamiah, Sulaiman, & Noorhafizah. (2014). Strategi Pembelajaran. Rajawali Pers.
  26. Widiasworo, E. (2016). 19 Kiat Sukses Membangkitkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Ar- Ruzz Media.
  27. Winangun, I. M. A. (2020). Media Berbasis Budaya Lokal dalam Pembelajaran IPA SD. Edukasi : JURNAL PENDIDIKAN DASAR, 1(1), 65–72.