Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini bahwa siswa kelas V SD Inpres Unggulan BTN Pemda Kota Makassar akan dievaluasi kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar IPA terkait topik perpindahan kalor. Penelitian kuantitatif adalah metode yang digunakan untuk membandingkan pemanfaatan pendekatan Guided Discovery Learning dengan pendidikan sains tradisional. Kurikulum kelas V SD Inpres Unggulan BTN Pemda Kota Makassar meliputi mata pelajaran perpindahan kalor. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen apabila diberikan perlakuan. Populasi penelitian adalah 87 anak kelas V SD Inpres Unggulan BTN Pemda Kota Makassar. Kelas eksperimen yaitu kelas VC yang berjumlah 30 siswa dan kelas kontrol yaitu kelas VB yang juga berjumlah 30 siswa dijadikan sebagai sampel penelitian. Tes, dokumentasi, dan observasi merupakan metode yang digunakan untuk memperoleh data. Berdasarkan temuan penelitian, kemampuan berpikir kritis siswa meningkat setelah menggunakan model pembelajaran konvensional dan penemuan terbimbing. Nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 86,57, sedangkan kelas kontrol sebesar 73,30. Metodologi Guided Discovery Learning memberikan dampak terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar IPA, terlihat dari rata-rata kelas eksperimen sebesar 83,53 dan kelas kontrol sebesar rata-rata 66,63.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2023 Dewi Hartini, Syarifuddin Kune, Rahmawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
ShareAlike — If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.
No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.
References
- Arfika Riestyan Rachmantika, W. (2019). Peran Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran Matematika dengan Pemecahan Masalah. PRISMA, 2, 439-443.
- Astuti & Vivi. (2015). Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
- Depdiknas. (2003). Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003. Jakarta: Depdiknas.
- Desi Natallia, M. Y. (2020). Penerapan Model Guided Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi IPA Di Kelas V SD Negeri 11 Konda. Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar, 2 (2), 51-62.
- Ennis, R. H. (2011). The Nature Of Crical Thingking: An Outline Of Critical Thinking Dispositions and Abilities. University Of IIIlinious, 2 (4)
- Igo, L., Nurlaila, M., & Suardin, S. (2023). Analisis Kesulitan Menulis Siswa Kelas III SD Negeri Mole di Kabupaten Wakatobi. Penuh Asa: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 248-256.
- Irwan, I., Samritin, S., Riniati, W. O., Acoci, A., Agus, J., Mansur, M., ... & Sabiran, A. (2022). Penguatan Nilai Karakter Siswa Melalui Tari Pendet Di Sekolah Dasar. Jurnal Abdidas, 3(1), 103-109.
- Mufida Nofiana, A. P. (2020). Pengaruh Model Guided Discovery Learning Terhadap High Order Thinking Skills Siswa Kelas XI. Jurnal Bio Educatio, 5 (1), 01-10.
- Mukhlisuddin. (2016). Pengembangan Berpikir Kritis pada Siswa Melalui Pemberian Tugas Dengan Tingkat Kesukaran Berjenjang. Edumatica, 06(02), 70–80.
- Mustofa, Z. 2019. Pengaruh Discovery Learning berbantuan E-Learning dalam Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa tentang Konsentrasi Larutan dan Aplikasinya. Jurnal Teknologi Pendidikan. Vol. 7 (1): 14-29
- Putri Dahliana, I. K. (2019). Pengaruh Model Guided Discovery Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta didik. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 06 (06), 101-106.
- Putu Irmayanti Christy, N. B. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Guided Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar IPS Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP). Jurnal Pendidikan IPS Indonesia, 3 (2), 127-136.
- Rahmad Prajono, D. Y. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Peserta Didik SMP Ditinjau dari Self Efficacy. Jurnal Pendidikan Matematika, 11 (1), 143-154.
- Rosnawati, C. A. (2020). Optimalisasi Guided Discovery Learning Untuk Meningkatkan Self-Confidence Siswa Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Kependidikan, 4 (2), 282-294.
- Susiati, W., Safiuddin, S., & Manan, M. (2023). Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi melalui Teknik Writing In The Here and Now pada Siswa Sekolah Dasar. Penuh Asa: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 27-34.
- Tarno, T., Yusnan, M., & Al’Imran, Y. M. A. P. (2022). PENDAMPINGAN PENGAJARAN MAHASISWA PGSD FKIP UM BUTON DI SD NEGERI 2 WAMEO. GANESHA: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 75-81.
- Tarsiyah. (2021). Penerapan Model Guided Discovery Learning Untuk Mempertahankan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Pandaan Selama Pandemi Covid-19 Tahun Ajaran 2020/2021. Jurnal Ilmiah, 23 (1), 26-39.
References
Arfika Riestyan Rachmantika, W. (2019). Peran Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran Matematika dengan Pemecahan Masalah. PRISMA, 2, 439-443.
Astuti & Vivi. (2015). Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Depdiknas. (2003). Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003. Jakarta: Depdiknas.
Desi Natallia, M. Y. (2020). Penerapan Model Guided Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi IPA Di Kelas V SD Negeri 11 Konda. Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar, 2 (2), 51-62.
Ennis, R. H. (2011). The Nature Of Crical Thingking: An Outline Of Critical Thinking Dispositions and Abilities. University Of IIIlinious, 2 (4)
Igo, L., Nurlaila, M., & Suardin, S. (2023). Analisis Kesulitan Menulis Siswa Kelas III SD Negeri Mole di Kabupaten Wakatobi. Penuh Asa: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 248-256.
Irwan, I., Samritin, S., Riniati, W. O., Acoci, A., Agus, J., Mansur, M., ... & Sabiran, A. (2022). Penguatan Nilai Karakter Siswa Melalui Tari Pendet Di Sekolah Dasar. Jurnal Abdidas, 3(1), 103-109.
Mufida Nofiana, A. P. (2020). Pengaruh Model Guided Discovery Learning Terhadap High Order Thinking Skills Siswa Kelas XI. Jurnal Bio Educatio, 5 (1), 01-10.
Mukhlisuddin. (2016). Pengembangan Berpikir Kritis pada Siswa Melalui Pemberian Tugas Dengan Tingkat Kesukaran Berjenjang. Edumatica, 06(02), 70–80.
Mustofa, Z. 2019. Pengaruh Discovery Learning berbantuan E-Learning dalam Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa tentang Konsentrasi Larutan dan Aplikasinya. Jurnal Teknologi Pendidikan. Vol. 7 (1): 14-29
Putri Dahliana, I. K. (2019). Pengaruh Model Guided Discovery Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta didik. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 06 (06), 101-106.
Putu Irmayanti Christy, N. B. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Guided Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar IPS Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP). Jurnal Pendidikan IPS Indonesia, 3 (2), 127-136.
Rahmad Prajono, D. Y. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Peserta Didik SMP Ditinjau dari Self Efficacy. Jurnal Pendidikan Matematika, 11 (1), 143-154.
Rosnawati, C. A. (2020). Optimalisasi Guided Discovery Learning Untuk Meningkatkan Self-Confidence Siswa Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Kependidikan, 4 (2), 282-294.
Susiati, W., Safiuddin, S., & Manan, M. (2023). Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi melalui Teknik Writing In The Here and Now pada Siswa Sekolah Dasar. Penuh Asa: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 27-34.
Tarno, T., Yusnan, M., & Al’Imran, Y. M. A. P. (2022). PENDAMPINGAN PENGAJARAN MAHASISWA PGSD FKIP UM BUTON DI SD NEGERI 2 WAMEO. GANESHA: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 75-81.
Tarsiyah. (2021). Penerapan Model Guided Discovery Learning Untuk Mempertahankan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Pandaan Selama Pandemi Covid-19 Tahun Ajaran 2020/2021. Jurnal Ilmiah, 23 (1), 26-39.